Desain kolam renang

Desain Kolam Renang

Model dan desain kolam renang yang dapat Anda terapkan di rumah. Apakah Anda memiliki keinginan untuk membuat kolam renang modern di rumah? Dengan membuat kolam renang, akan membuat suasana menyenangkan.

Akan tetapi, Anda harus memperhitungkan elemen-elemen tertentu sebelum membangunnya, termasuk area, lokasi rumah, dan kebutuhan penggunanya. Dua elemen ini akan menentukan model yang cocok untuk keluarga Anda atau diri Anda sendiri.

Berikut adalah inspirasi desain kolam renang yang dapat diterapkan di rumah Anda:

Desain Kolam Renang Umum

Kolam Renang Kompak

Desain kolam renang

Memiliki kolam pribadi membutuhkan lahan yang tidak kecil, terutama karena lahan semakin terbatas di daerah perkotaan. Namun bukan tidak mungkin bagi Anda yang memiliki hobi berenang.

Dengan ukuran yang terbatas, Anda dapat beradaptasi dengan medan yang tersedia atau mengganti fungsi taman di area terbuka dengan kolam renang.

Memang jarak yang ditempuh tidak normal seperti biasa. Namun Anda masih bisa menggunakan kolam mini ini sebagai tempat berendam untuk meredakan kelelahan tubuh.

Bahan yang digunakan juga penting untuk memberi kesan luas, termasuk penggunaan dalam membuat kolam renang.

Model Infinity

Desain kolam renang

Anda pasti membayangkan suasana berenang dengan pemandangan yang tidak terhalang. Tentu saja, selain menyejukkan mata, pemandangan alam juga akan mendinginkan hati, yang dapat dicapai melalui desain kolam infinity modern yang dapat menciptakan kesan ini.

Tentu saja, lokasi rumah Anda merupakan faktor penting dalam desain jenis kolam ini, di mana tanah rumah harus terletak di pinggiran kota yang indah atau di tingkat yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya, sehingga memberi kesan tak terbatas.

Jika lokasi rumah Anda berada di daerah yang ramai, Anda dapat mengakali zona batas dengan pagar untuk menjaga privasi Anda.

Model Middle

Desain Kolam Renang

Jika Anda menginginkan privasi dengan suasana luar ruangan, desain halaman dapat menjadi pilihan Anda. Dengan desain ini, penempatan kolam berada tepat di tengah rumah, dikelilingi oleh ruang-ruang lain.

Anda selalu bisa berenang di ruang terbuka dengan keintiman terjaga. Kolam renang juga merupakan pemandangan indah yang bisa dinikmati dari berbagai sudut rumah.

Yang perlu diperhatikan untuk desain ini adalah lebar rumah karena penempatannya di tengah rumah. Dengan ruang-ruang yang membatasi area ke kiri dan kanan, Anda membutuhkan area yang cukup besar untuk menghadirkan kolam ini dengan halaman di rumah Anda.

Modern Tropical

Desain Kolam Renang

Bagi mereka yang menyukai suasana tropis di pantai, Anda dapat mencoba menambahkan kayu ke tepi kolam Anda dengan ottoman atau kursi santai untuk berjemur.

Jangan lupa juga meletakkan payung besar untuk menambah kesan tropis, terkait dengan penggunaan furnitur berwarna cerah dan pemilihan tanaman seperti kamboja.

Jika Anda menginginkan suasana pantai ekstra, Anda dapat menambahkan elemen pasir ke dalam desain kolam. Elemen pasir dapat ditempatkan di bagian bawah atau di area sekitar kolam.

Tentu saja, dengan penambahan elemen pasir ini, perawatan atau pemeliharaan ekstra merupakan faktor penting yang harus diperhatikan sehingga selalu terlihat bersih dan terawat.

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Kolam besar membutuhkan tanah dengan lahan besar. Jika Anda memiliki lahan sempit, hal ini semua bisa di kalai dengan membangun kolam dengan desain minimalis. Keterbatasan lahan tidak lagi menjadi kendala. Bahkan pasokan air yang diperlukan tidak berlebihan.

Nah, jika Anda membutuhkan inspirasi desain kolam mini untuk area sempit, berikut adalah ide desainnya.

Bentuk Oval

Desain Kolam Renang

Kolam berbentuk oval sangat cocok untuk jenis kolam sempit. Sekilas bentuknya terlihat seperti bundar yang agak oval. Penerapan kolam berbentuk oval ini akan lebih menarik jika dikaitkan dengan konsep lansekap di sekitar kolam.

Bentuk Persegi

Desain Kolam Renang

Seperti namanya, bentuk kolam ini harus sangat unik. Bentuknya terlihat seperti setengah lingkaran melengkung yang cocok untuk lahan sempit. Namun pada kenyataannya, wilayahnya masih relatif besar untuk jenis kolam ini juga dapat di bangun.

Bentuk Siku

Desain Kolam Renang

Bentuk ini biasanya dibuat karena tanah terbatas dan dapat dirancang untuk mengoptimalkan tanah yang tersedia atau berfungsi sebagai kebutuhan penyegelan.

Bentuk Persegi Panjang

Desain kolam persegi panjang adalah bentuk favorit yang sering digunakan di rumah minimalis. Anda juga dapat menggunakan ruang di samping rumah atau area lainnya untuk membuat kolam yang sempit tapi memanjang.

Bentuk Segi Delapan

Desain Kolam Renang

Bentuk ini adalah bentuk alternatif untuk dapat menemukan bentuk desain dari kolam kecil Anda. Jenis desain ini jarang digunakan, tetapi bisa membuat kolam Anda lebih unik. Desain ini juga bisa diterapkan di halaman rumah Anda.

Desain Kolam Renang Anak

Desain Kolam Renang Anak

Jika Anda ingin membuat kolam anak minimalis, biayanya tidak akan setinggi yang Anda kira. Karena kolam anak ukuran dan kedalamannya tidak sebesar kolam orang dewasa, ini juga dapat mengurangi biaya pembangunan nantinya.

Tentu saja, desain kolam anak-anak harus bagus dan tidak melupakan fungsi utama, yaitu menjadi tempat olahraga dan kebahagiaan bagi anak.

Dunia anak-anak selalu dipenuhi dengan mainan, tetapi jika kita ingin membangun fasilitas untuk kolam renang anak-anak, Anda dapat menambahkan beberapa mainan favorit mereka untuk menarik minat mereka dalam berenang.

Berikut beberapa model kolam rang anak yang dapat Anda terapkan di rumah Anda.

Model Pool

Desain Kolam Renang Anak

Blown-in pools tersedia dalam berbagai ukuran dan varian model. Yang pasti adalah bahwa setiap model kolam renang ini disesuaikan dengan usia anak jika Anda ingin membangunnya.

Untuk Adna, pilih kolam Pool yang lebih kecil dan minimalis. Karena ukurannya yang kecil, sama sekali tidak perlu untuk halaman besar untuk kolam renang anak-anak. Waktu untuk membuatnya juga lebih cepat.

Kolam Renang Kidney

Desain Kolam Renang Anak

Kolam kidney ini seperti mangga, karena dapat diletakkan di belakang rumah atau di depan rumah dan sangat cocok untuk desain kolam anak-anak, juga cocok untuk sistem sirkulasi skimmer karena memiliki bukan sudut yang sama dengan angka 8, tetapi kedua lingkaran itu tidak memiliki ukuran yang sama.

Model ini juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi untuk kolam anak-anak dan orang tua, karena memiliki sudut bulat dan setengah lingkaran, yang membuatnya sangat aman untuk anak-anak.

Model Lazy T Pool Pool

Desain Kolam Renang Anak

Kolam ini identik dengan Lazy L Pool, tetapi kolam anak-anak ditempatkan di tengah-tengah ujung kolam sehingga kolamnya bentuk T. Model kolam ini juga dapat diterapkan pada sistem overflow, skimmer atau aliran semi-overflow.

Kolam Renang dengan Mainan Interaktif

Desain Kolam Renang Anak

Anak-anak yang cendrung lebih besar biasanya cepat bosan jika mereka hanya menyelam ke kolam biasa. Perlu menambahkan beberapa fitur keren untuk membuat area mandi mereka lebih menarik.

Kolam Renang dengan Dek Kayu

Desain Kolam Renang Anak

Kolam permukaan adalah PVC. Kolam ini memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi, tetapi desainnya yang kaku membosankan dan kaku. Modifikasi dapat dilakukan untuk membuat kolam terlihat lebih menarik bagi anak-anak, misalnya dengan menutupinya dengan kayu dan menambahkan dek kayu berbentuk tangga ke samping.

Selain itu, ada juga versi portabel model kolam anak-anak yang ditenagai oleh listrik. Instalasi juga lebih mudah dan lebih nyaman karena dapat dikempiskan dan ditekuk.

Ukuran Kolam Renang Mini

Ukuran Kolam Renang

Sebagai permulaan, Anda bisa membuat ukuran awal kolam dengan ukuran 4 × 2,5 meter persegi. Namun, semuanya dimulai dari sistem pondasi seperti ketebalan dinding beton kolam dan dasar kolam.

Selain itu, Anda juga bisa memperhitungkan ukuran kolam, yang berisi sekitar 100 liter air. Lebih dari 20 cm saluran air limpahan dari pool deck, terhubung ke tangki overflow.

Untuk ukuran lainnya, Anda dapat melihat fungsinya terlebih dahulu. Untuk kemudahan bergerak, kolam minimalis harus menggunakan ukuran standarnya. Ukuran minimal kolam minimalis adalah 6m x 2m dan bentuknya memanjang. Untuk memenuhi standar ukuran ini, luas lahan minimum yang tersedia harus 8 mx 2 m.

Desain Kolam Renang Indoor

Desain Kolam Renang Indoor

Memiliki kolam renang sendiri adalah sesuatu yang diinginkan. Terutama jika kolam renang di dalam ruangan atau di dalam ruangan. Selain menjaga privasi, manfaat dari kolam renang dalam ruangan untuk berenang kapan saja terlepas dari cuaca di luar.

Meskipun biaya untuk membuat kolam renang dalam ruangan tidak benar-benar murah, nuansa eksotis dan mewah juga ditawarkan oleh kolam renang dalam ruangan. Selain itu, karena terletak di dalam, kemungkinan terkontaminasi oleh kotoran eksternal juga sangat minim.

Kolam Renang Ukuran 3×4

Kolam Renang Ukuran 3x4

Keterbatasan lahan dan biaya bisa menjadi penghalang saat merencanakan kolam di rumah. Salah satu kolam yang didesain untuk rumah mungil adalah kolam minimalis.

Karena desain kolam minimalis mengutamakan fitur dan kebutuhan, biaya pembuatan dan pemeliharaannya juga dapat disesuaikan dengan anggaran.

Kolam berbentuk persegi selalu memberi kesan mewah untuk rumah minimalis. Untuk membuatnya lebih mudah, cobalah mengaitkan kolam dengan rumput hijau di halaman.

Di bawah ini model kolam yang dapat Anda terapkan di rumah.

Pool TTSN

Ide desain kolam kecil ini adalah untuk memasang lampu ke tepi kolam, sehingga kolam terlihat lebih mewah dan romantis. Kolam kecil memperluas area di sekitarnya.

Kolam Renang Luxury

Desain kolam kecil ini sangat sederhana dan minimalis. Kolam dengan desain ini biasanya ditempatkan di sudut halaman untuk memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak ruang terbuka. Meski kecil, kolam ini bisa menjadi titik fokus di taman Anda.

Melbourne Pool

Desain kolam ini adalah kolam yang tenang dan bersih. Kolam ini menambah banyak kehidupan di luar rumah. Kolam renang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis. Karena kolam ini tidak membutuhkan tanah terlalu banyak tetapi akan memberikan banyak ruang.

Melbourne Backyard Small Pools

Seperti namanya, kolam ini memiliki kolam kecil di belakang halaman. Bentuk kolam kecil ini saling melengkapi dengan ruang halaman. Dengan hadirnya kolam renang, sangat cocok jika dipadukan dengan dinding bata untuk menciptakan suasana alami dan menyenangkan.

Seperti yang kita bahas bersama, ide-ide desain kolam di atas dapat menjadi bukti bahwa tempat yang tidak terlalu besar masih dapat mengakomodasi kolam dengan gaya dan desain yang unik.

Jadi, ulasan tentang ide desain kolam minimalis dengan kolam kecil dapat membantu. Semoga ini bisa menjadi referensi Anda untuk membuat kolam di halaman rumah minimalis dengan bidang yang tidak terlalu lebar.

Leave a Reply