Harga Besi Hollow

Harga Besi Hollow – Besi hollow merupakan salah satu dari sekian banyak jenis besi beton yang kerap kali digunakan dalam sebuah kontruksi bangunan. Seperti yang kita tahu, dalam sebuah proyek konstruksi memang dibutuhkan banyak sekali jenis material agar dapat tercipta sebuah bangunan yang kokoh dan juga awet.

Besi hollow ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam proyek konstruksi tersebut. Bentuk dari besi hollow ini adalah kotak dan banyak digunakan pada plafon serta pagar rumah. Jadi, dapat dikatakan jika besi hollow ini lebih sering digunakan untuk kontruksi sederhana.

Biasanya besi hollow ini terbuat dari baja, stainless, ataupun galvanis. Penggunaan besi hollow ini adalah pengganti dari material kayu yang mempunyai harga beli lebih mahal. Selain digunakan untuk plafon dan pagar rumah, besi hollow juga banyak digunakan untuk kanopi, teralis rumah, dekorasi tanaman, dan lain sebagainya.

Tidak hanya karena harga besi hollow yang terjangkau, penggunaan besi hollow ini dikarenakan faktor material yang tahan lama, kokoh, dan juga tidak mudah terkena serangan rayap. Tampilan besi hollow yang elegan juga menjadi faktor lainnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika besi hollow ini banyak digunakan oleh orang-orang yang menginginkan unsur estetika pada konstruksi bangunan tersebut. Besi hollow ini dibedakan menjadi beberapa jenis yang dapat dibedakan dari coatingnya.

Coating ini adalah lapisan penutup pada permukaan atas sebuah benda. Adanya coating pada besi hollow berfungsi untuk menghindari terjadinya korosi ataupun karat akibat pengaruh pergantian suhu udara yang ekstrem.

Jenis Besi Hollow

  1. Besi Hollow Galvalume

Jenis besi hollow galvalume merupakan besi hollow yang mempunyai kualitas paling baik. Hal ini dikarenakan adanya coating berbahan aluminium sebesar 55% dan ditambah kandungan besi sebesar 43,5% serta unsur silicon sebesar 1,5%. Itulah mengapa besi hollow galvalume lebih sering disebut sebagai Zinc-Aluminium. Adanya kandungan aluminium yang tinggi ini membuat besi hollow galvalume tahan terhadap karat.

Akan tetapi, jenis besi ini mudah keropos karena tidak tahan terhadap semen. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mencampurkan besi ini dengan semen agar lebih awet.

  1. Besi Hollow Galvanis

Berbeda dengan besi hollow galvalume, besi hollow galvanis tidak mempunyai sifat anti karat. Kandungan yang terdapat pada besi jenis ini antara lain adalah aluminium sebesar 1%, zinc sebesar 97%, dan kandungan lainnya sebesar 2%.

Agar besi hollow galvanis tidak mudah terkena korosi, maka terdapat cara yang dapat dilakukan agar besi dapat lebih lama, yaitu penggunaan besi hollow galvanis tidak boleh langsung bersentuhan dengan bahan material lainnya.

Tahap selanjutnya adalah proses galvanisasi, yakni melapisi seng di permukaan besi. Anda hanya perlu mencelupkan besi ke cairan timah agar tidak mudah terjadi korosi.

  1. Besi Hollow Meni

Kualitas besi hollow meni berada jauh dibandingkan dua jenis besi hollow sebelumnya. Disebut besi hollow berkualitas rendah karena hanya dilapisi dengan cat besi berwarna, biasanya menggunakan cat berwarna hijau atau merah.

Oleh karena itulah besi hollow meni sangat mudah terkena karat, apalagi jika sering terkena air dalam kurun waktu yang lama. Tidak adanya lapisan pelindung pada besi hollow meni membuat besi ini mudah berkarat. Meskipun begitu, masih ada juga toko bangunan yang menjual jenis besi ini dengan kualitas yang baik serta harga besi hollow meni yang cukup murah.

Harga Besi Hollow Paling Baru 2019

Kegunaan Besi Hollow yang Wajib Diketahui

Besi hollow ini mempunyai banyak sekali kegunaan bagi suatu kontruksi bangunan. Tidak hanya untuk rangka plafon saja, tetapi juga dapat digunakan pada rangka dinding partisi.

Penggunaan besi hollow ini dipilih karena mempunyai karakteristik yang tahan api, tidak mudah berkarat dan terkena korosi akibat perubahan cuaca yang ekstrim, serta tidak mudah terkena rayap. Besi hollow dapat digunakan dalam segala jenis bangunan.

Akan tetapi, diperlukan ketelitian dalam pemasangannya agar besi hollow dapat terpasang dengan benar dan memberikan kenyamanan pada penghuni bangunan. Saat ini sudah banyak kontraktor yang memilih untuk menggunakan besi hollow ini. Apalagi harga besi hollow terbaru yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya.

Keunggulan Penggunaan Besi Hollow

Besi hollow ini mempunyai beragam keunggulan yang akan Anda rasakan jika menggunakan besi ini pada konstruksi bangunan. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak ragu lagi untuk menggunakan besi hollow ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dalam penggunaan besi hollow.

  1. Tahan terhadap api karena terbuat dari material yang tidak bisa menghantarkan api. Jadi, bangunan akan lebih nyaman dan aman.
  2. Anti rayap dan akan membuat konstruksi bangunan tahan lama selama bertahun-tahun.
  3. Dilapisi anti karat, terutama pada jenis besi hollow galvanis yang terkenal tidak mudah terkena korosi.
  4. Proses pemasangan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan material kayu.
  5. Biaya pengeluaran yang lebih terjangkau daripada material lainnya.
  6. Dapat dimodifikasi menjadi bentuk yang menarik. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan besi hollow ini.
  7. Harga besi hollow yang murah.
  8. Biaya perawatan sangat terjangkau.

Kelemahan Penggunaan Besi Hollow

Selain mempunyai berbagai macam keunggulan, penggunaan besi hollow juga memiliki sejumlah kekurangan antara lain yaitu:

  1. Penggunaan besi hollow tidak bisa lebih dari kapasitas kemampuan besi.
  2. Mempunyai struktur material yang tidak solid karena mudah tertekuk sehingga sulit untuk menahan beban. Akan tetapi, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan besi hollow yang lebih tebal dan kuat.
  3. Mempunyai ukuran yang terbatas, yakni hanya sampai 4 meter saja. Tentu saja hal ini berarti besi hollow tidak cukup digunakan untuk membuat atap yang luas. Apabila menggunakan teknik sambung, tentu dikhawatirkan akan membuat sambungan tersebut mudah rusak atau patah.
  4. Khusus untuk jenis besi hollow meni, diperlukan pelapisan cat anti karat agar tidak mudah terkena korosi. Hal ini akan membuat Anda harus mengeluarkan bujet lebih besar.

Penggunaan besi hollow ini sangat efektif bagi bangunan ringan. Seperti yang Anda ketahui, penopang atau landasan dasar dalam sebuah bangunan menjadi faktor utama kokoh atau tidaknya bangunan tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan besi, seperti besi hollow ini akan sangat membantu Anda untuk menciptakan bangunan ideal yang kokoh dan juga tahan lama. Ada banyak sekali referensi desain besi hollow yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan bangunan Anda.

Harga besi hollow yang murah serta kegunaannya yang fleksibel membuat jenis besi ini kini banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi besi hollow sangat mudah ditemukan di berbagai toko material. Dengan bujet yang terbatas, Anda tetap bisa mendapatkan bangunan yang kokoh, tahan lama, dan juga nyaman.

Leave a Comment