Harga Closet Duduk

Harga Closet Duduk

Toilet atau kamar mandi merupakan kebutuhan pokok manusia untuk menjamin kebersihan diri dan lingkungan. Toilet ini sebaiknya dibuat higienis supaya tidak menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri penyebab penyakit.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan tempat pembuangan kotoran yang memadai seperti closet. Closet tersedia dalam bentuk closet jongkok dan closet duduk. Harga closet duduk tentunya berbeda dari closet jongkok, serta cara pemasangan dan penggunaannya pun berbeda.

Closet duduk kini banyak dipilih untuk menjadi produk saniter tak hanya di rumah tinggal tapi juga di tempat umum. Kenyamanan yang ditawarkan oleh closet duduk ini menjadi salah satu alasan utamanya.

Penggunaan closet duduk ini bisa dikatakan lebih mudah dan nyaman, apalagi untuk para lansia maupun orang-orang yang sulit untuk berjongkok. Penggunaan closet duduk ini juga bisa dibilang lebih aman dan mengurangi risiko terpeleset ketika akan berdiri dari posisi berjongkok.

Model dan Harga Closet Duduk

Ketika akan memilih closet duduk untuk toilet Anda sebaiknya ketahui dulu apa saja jenis atau model closet duduk yang tersedia. Ada 3 jenis closet duduk yang perlu diketahui yaitu:

  • Monoblok

Closet duduk jenis monoblok ini adalah jenis closet yang bagian badan toilet serta tangki penampungan airnya menyatu. Tangki dan badan closet yang tidak terpisah membuat closet jenis ini terlihat lebih kokoh dan sederhana.

Pemasangan closet jenis ini juga lebih mudah dilakukan karena hanya perlu satu kali pemasangan tanpa ada tambahan komponen-komponen lainnya. Closet yang menyatu ini juga lebih mudah untuk dibersikan maupun dari segi perawatannya.

  • Duo-Blok

Kalau yang ini adalah jenis closet yang tangki pengampung air dan badan klostnya terpisah satu sama lain. Bentuknya yang terpisah ini membuat harga closet duduk duo-blok lebih murah dibandingkan dengan jenis monoblok yang sudah dibahas sebelumnya.

Kondisinya yang terpisah antara penampung air dengan body membuat closet jenis ini dapat diatur tata letaknya sesuai dengan selera. Closet jenis ini terhitung relatif lebh ringan daripada jenis monoblok. Selain itu dari segi harga juga harga closet duduk duo-blok ini lebih hemat jika dibandingkan dengan jenis yang monoblok.

  • Gantung

Jenis yang ketiga adalah closet duduk gantung, maksudnya adalah closet tidak tertanam di lantai toilet melainkan di bagian dindingnya sehingga terkesan mengambang atau menggantung. Pada closet jenis ini tangkai air berada terpisah dan ditanam di dalam tembok.

Closet duduk model gantung ini banyak digemari di tempat-tempat seperti mall, apartemen hingga rumah yang mengusung konsep minimalis.

Tidak hanya jenis closet duduknya, system pembilasan dari closet yang Anda inginkan juga penting untuk diperhatikan. Ada dua system pembilasan yang diterapkan oleh produsen-produsen closet yaitu system single flush dan dual flush, berikut ulasan lebih lengkapnya:

  • Single Flush

Closet bersistem single flush ini memiliki sebuah tombol untuk penyiraman yang dapat ditekan untuk mengalirkan air guna membilas kotoran. Pada system pembilasan single flush ini jumlah air yang dikeluarkan akan selalu sama setiap kali tombol flush ditekan. Closet dengan system pembilasan ini banayk dijumpai di rumah-rumah atapun di tempat publik. Sayangnya system pembilasan single flush ini masi belum bisa diajak untuk berhemat air.

  • Dual Flush

Sepeti namanya, system pembilasan ini memang mempunyai dua tombol berbeda yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya system pembilasan ini kerap dijumpai di closet-closet model baru apalagi yang mengusung tema ramah lingkungan.

Closet dual-flush ini punya 2 tombol berdampingan yang jika ditekan akan mengalirkan air ke dalam closet dengan volume yang berbeda. Satu tombol bisa digunakan untuk penyiraman limbah padat dengan mengalirkan air bervolume lebih banyak. Sementara tombil satunya mengalirkan air dengan volume lebih sedikit yang bisa dipakai untuk membilas limbah cair.

Di tengah masyarakat masih ada perdebatan mana yang lebih baik antara closet duduk dengan closet jongkok. Masing-masing memang punya kelebian dan kelemahan tersendiri. Pada closet duduk ada beberapa kelebihan yang dimilikinya yaitu lebih nyaman dan tidak membutuhkan tekanan pada bagian lutut.

Closet jenis duduk ini baik digunakan oleh para penderita radang sendi yang kerap kali kesulitan ketika harus menekuk lutut untuk berada di posisi jongkok. Closet duduk juga baik digunakan oleh ibu-ibu hamil dengan perut yang sudah membesar karena tidak memberikan tekanan pada bagian perut.

Tips Dapat Produk Tepat dengan Harga Closet Duduk yang Pas

Seperti pepatah Jawa yang berbunyi “rego gowo rupo” atau yang berarti harga membawa kualitas memang benar adanya. Saat ingin punya barang yang bagus maka Anda memang harus bersiap merogoh kocek lebih dalam walaupun tidak semua barang mahal pasti bagus, begitu pula sebaliknya.

Hal ini juga berlaku ketika akan membeli closet duduk. Harga closet duduk yang berkualitas baik tentunya lebh tinggi daripada closet lain dengan kualitas di bawahnya. Meskipun begitu Anda mungkin masih bisa mendapatkan harga closet duduk termurah dengan kualitas yang tidak murahan asalkan Anda pintar memilihnya.

Agar tidak salah dalam memilih closet ikuti beberapa tips berikut:

  • Sesuaikan bentuk dudukan kloset pilihan

Dudukan closet ada yang berbentuk bulan dan ada pula yang berbentuk oval atau lonjong. Sebaiknya ketahui kriteria bentuk tubuh Anda untuk memudahkan dalam memilih yang paling tepat. Salah memilih bentuk dudukan bisa berakibat pada kurangnya kenyamanan ketika menggunakan closet sehari-hari.

  • Pilih ketinggian dudukan closet yang pas

Ketinggian closet juga sangat berpengaruh pada kenyamanan saat penggunaan. Orang-orang yang berpostur tinggi sebaiknya memilih closet dengan dudukan lebih tinggi begitupun sebaliknya. Ukuran ketinggian dudukan ini tersedia dalam dua pilihan yaitu ukuran 14-15 inci dan ukuran 16-17 inci.

  • Perhatikan fitur-fitur lain yang dimiliki

Teknologi yang kian berkembang turut andil dalam semakin bermunculannya closet dengan aneka fitur. Anda patut mencari tahu tentang keberadaan fitur-fitur ini seperti contohnya fitur bidet nozzle. Fitur ini berupa pembilas otomatis yang akan keluar dari closet saat tombol tertentu ditekan. Adanya fitur ini membuat Anda tak perlu repot membilas karena air akan keluar secara otomtis.

  • PIlih warna atau corak sesuai tema toilet

Closet duduk tersedia dalam berbagai pilihan warna. Anda perlu menyesuaikan warna pilian sesuai dengan konsep toilet yang ada. Jangan sembarang memilih warna karena dapat membuat tampilan toilet atau kamar mandi terlihat berantakan dan tida rapi.

Closet duduk ini tersedia dalam banyak pilihan merk yang tentunya masih dapat dibedakan lagi menjadi tipe-tipe yang berlainan. Harga closet duduk ini juga menyesuaikan banyak faktor mulai dari merk, model, material penyusun dan masih banyak lagi.

Leave a Reply