Harga Genteng Baja Ringan

Genteng merupakan salah satu bahan material yang harus ada untuk bagian atap rumah Kita. Tanpa adanya genteng, rumah tidak akan dikatakan sebagai rumah yang sempurna. Seiring dengan berjalannya waktu, genteng yang ada saat ini mengalami inovasi, salah satunya adalah genteng baja ringan. Kualitasnya terbukti dan harga genteng baja ringan yang ditawarkan bervariasi, tergantung dengan jenisnya.

Para ilmuwan dalam bidang infrastruktur sepakat bahwa munculnya genteng jenis ini akan lebih efektif dan efisien terutama dalam hal pemasangan. Jika pada umumnya masyarakat menggunakan jenis genteng yang terbuat dari bahan tanah, yang pasti berat, mudah pecah dan dapat berlumut. Kini mulai menggunakan genteng baja ringan sebagai standar atap yang aman dan nyaman.

Genteng baja ringan ini tentunya terbuat dari bahan material ringan seperti baja ringan, logam, seng dan lain sebagainya. Genteng ini selain ringan juga dapat bertahan lama serta mudah untuk dipasang. Pasalnya ukuran genteng tidak seperti genteng dari tanah yang ukurannya kecil dan harus disusun dengan teliti serta hati-hati, untuk ukuran genteng baja ringan bervariasi.

Genteng ini juga dapat meringankan beban atap rumah atau bangunan milik Anda, sehingga akan tetap kokoh dan dapat bertahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Baja Ringan

Ada banya kelebihan yang dapat Anda nikmati dengan hadirnya genteng baja ringan ini, mulai dari daya tahan dan juga berat dari genteng tersebut. Berikut kelebihan yang dimiliki genteng baja ringan:

  1. Dapat Bertahan Lama

Berbeda dengan genteng yang terbuat dari tanah, genteng baja ringan ini dapat bertahan lebih lama. Mengapa demikian? Genteng yang terbuat dari tanah memiliki tekstur yang keras, akan tetapi jika terjadi benturan maka akan rusak dan pecah. Tidak hanya itu, genteng dari tanah juga dapat berlumut seiring berjalannya waktu.

Berbeda dengan genteng baja ringan yang dapat bertahan dengan kondisi seperti apapun. Selain itu juga tidak mudah rusak atau pecah serta tidak berlumut, karena pada lapisannya sudah diberi bahan khusus dan terkadang didistribusikan dalam rupa yang sudah di cat.

Karena daya tahan lamannya ini, membuat genteng baja ringan lebih diminati oleh masyarakat terebih oleh para kontraktor. Serta tidak khawatir harus sering mengganti atap, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Di samping itu, harga genteng baja ringan juga lebih ekonomis.

  1. Berat yang Ringan Mengurangi Beban Atap

Karena terbuat dari material ringan, membuat genteng ini lebih terasa enteng. Sehingga tidak membebani atap rumah atau bangunan milik Anda, untuk tetap berdiri kokoh. Atap jenis ini sangat cocok untuk hunian yang rawan bencana, sebab Anda akan sedikit lebih tenang karena atap rumah bukan terbuat dari bahan yang berat.

Itulah kelebihan dari genteng baja ringan yang perlu Anda ketahui. Genteng ini cocok bagi semua kalangan dan semua jenis bangunan. Dan bagi Anda yang memiliki bisnis poperti maupun seorang kontraktor, genteng ini dapat menjadi pilihan alternatif Anda, harga genteng baja ringan pun bersahabat.

Di samping memiliki beberapa kelebihan, genteng jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Suhu Ruangan

Karena genteng ini terbuat dari material ringan seperti baja ringan ataupun seng, tentu ketika udara panas genteng tidak dapat menyerap panas. Akibatnya, suhu ruangan dibawahnya akan terasa panas, terlebih jika musim kemarau.

  1. Warna Genteng Dapat Memudar

Walaupun genteng ini tidak berlumut layaknya genteng yang terbuat dari bahan baku tanah, akan tetapi warna genteng baja ringan ini dapat pudar seiring waktu dan kondisi yang tidak menentu.

Salah satu jenis genteng baja ringan adalah genteng metal yang memiliki beberapa tipe varian yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Berikut beberapa tipe genteng baja ringan untuk jenis genteng metal diantaranya:

Jenis Genteng Metal

  1. Genteng Metal Standing

Genteng jenis ini sering ditemui pada rumah khusus kalangan komersil. Tampilannya yang modern dengan garis lurus yang berdampingan, serta warna metalik yang mengkilap memberikan nuansa elegan. Genteng ini di desain dengan sistem interlock yang menyatu secara langsung antara kerangka dengan genteng, sehingga aman ketika terjadi guncangan atau gempa bumi.

2. Genteng Metal Stainless Steel

Genteng metal jenis ini terbuat dari bahan ultra permanen yang dirancang khusus untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal, terutama untuk rumah atau bangunan yang berada pada daerah bersuhu ekstrem. Beberapa bangunan yang menggunakan atap jenis ini seperti pabrik, hotel maupun stadium. Bahannyapun, jauh lebih tebal dari jenis yang pertama.

3. Genteng Metal Galvalume Steel

Tidak hanya terbuat dari bahan baja metal, akan tetapi dilapisi juga dengan bahan alumunium dan seng, sehingga tidak heran jika beratnya lebih dari pada yang lainnya. Walaupun terbilang tebal, namun genteng ini cukup ringan serta mudah untuk dipasang, jadi Anda tidak perlu khawatir mengganggu efektivitas pekerjaan ini.

4. Genteng Metal Tembaga

Gaya yang ditampilkan dari tipe genteng ini jauh lebih berkelas dari bentuk lainnya. Genteng ini tersedia dengan beragam bentuk, sehingga dapat sesuaikan dengan kondisi atau bentuk bangunan.

5. Genteng Metal Berpasir

Genteng yang dirancang khusus sebagai genteng baja ringan yang tahan terhadap goresan, anti pecah dan tahan terhadap konsisi panas. Genteng ini terbuat dari kombinasi campuran antara serbuk batuan dengan zincalume, coraltex dan zinc phospat.

6. Genteng Metal Spandek

Type spandek ini terbuat dari bahan campuran zincalume dengan alumunium dan juga seng. Tidak hanya itu, genteng ini juga dilengkapi dengan bahan silikon agar tetap lentur dan mudah untuk dipasang.

7. Genting Metal Millenium

Genteng metal atau genteng baja ringan tipe ini memiliki banyak keunggulan. Tampilannya yang stylish sangat cocok untuk tipe rumah minimalis. Kesan elegan dan dilengkapi dengan sistem interlock membuat bangunan akan lebih terasa nyaman. Di samping itu juga dapat di daur ulang, karena di dalamnya terdiri dari bahan material terkuat yang pernah ada.

8. Genteng Metal Multiroof

Genteng metal tipe terakhir ini adalah genteng yang terbuat dari kombinasi alumunium dan zinc yang tidak mudah berkarat. Tidak hanya itu, genteng ini juga dilapisi dengan warna unggulan yang menggunakan teknologi masa kini sehingga tidak mudah mengelupas.

Inilah yang membedakan antara harga genteng baja ringan yang satu dengan yang lainnya. Keunggulan-keunggulan yang ada membuatnya dapat menarik daya beli masyarakat.

Harga Genteng Baja Ringan

Tidak dipungkiri bahwa kualitas akan mempengaruhi harga. Segala bentuk kualitas terbaik yang dimiliki oleh setiap jenis genteng baja ringan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Harga genteng baja ringan di bandrol dengan harga mulai dari 25 ribu sampai dengan 200 ribu rupiah.

Jika Anda tertarik dengan produk ini, untuk menabah kenyamanan bangunan atau rumah Anda, segera cek di toko terdekat.

Leave a Comment