Harga Keramik Dinding Kamar Mandi

Harga Keramik Dinding Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang harus dijaga kebersihannya. Kondisi kamar mandi yang kotor dan lembab bisa menjadi sarang virus dan juga penyakit. Oleh karena itu, ruangan ini harus selalu dipastikan dalam keadaan kering dan bersih.

Saat ini ada banyak sekali pilihan desain kamar mandi yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Salah satu bahan material yang menjadi kunci penting keindahan suatu kamar mandi adalah keramik dinding. Fungsi dari keramik dinding kamar ini adalah untuk membuat tampilan kamar mandi Anda menjadi lebih menarik dan juga indah. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan keramik dinding ini. Terlebih karena harga keramik dinding kamar mandi terbaru yang cukup terjangkau.

Tidak hanya itu saja, adanya keramik dinding yang dipasang pada kamar mandi juga akan membuat siapa saja yang menggunakannya merasa nyaman berada di dalam kamar mandi. Memasang keramik dinding kamar mandi akan membuat Anda lebih mudah untuk membersihkannya karena tidak memerlukan perawatan khusus. Sehingga kamar mandi Anda terlihat selalu terawat serta bersih.

Tentu saja kondisi kamar mandi yang kotor akan memberikan dampak negatif kepada keluarga Anda. Apalagi kamar mandi terkenal sebagai tempat yang penuh dengan kuman dan penyakit. Maka dari itu, pelapisan dinding dengan menggunakan keramik ini akan meminimalisir munculnya sarang penyakit. Akan tetapi, Anda tidak bisa memilih keramik dinding untuk kamar mandi dengan asal-asalan. Jangan sampai Anda malah memilih keramik untuk lantai, bukannya keramik untuk dinding kamar mandi.

Tips Mencari Keramik Dinding Kamar Mandi

  1. Memperhatikan Tekstur Permukaan Keramik

Keramik dinding untuk kamar mandi memang mempunyai tekstur yang khas, yakni tekstur yang jauh lebih halus dibandingkan dengan keramik untuk lantai. Jadi, pastikan jika Anda memilih keramik dinding bertekstur halus karena jenis keramik ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding kamar mandi Anda.

  1. Memperhatikan Jumlah Keramik dengan Ukuran Kamar Mandi

Terlebih dahulu Anda harus menghitung luas serta lebar kamar mandi agar jumlah keramik yang dibeli sesuai ukuran kamar mandi agar pemakaiannya lebih efektif.

  1. Pemilihan Motif Keramik Disesuaikan dengan Konsep atau Warna Kamar Mandi

Pemilihan motif pada keramik adalah hal yang harus diperhatikan agar tetap senada dengan konsep kamar mandi yang diinginkan. Tentunya motif keramik yang dipilih juga harus tepat supaya kesan bersih dan nyaman pada kamar mandi tetap tercipta. Motif keramik dinding kamar mandi yang sesuai dengan konsep nantinya akan memengaruhi kontur cahaya pada kamar mandi.

Harga Keramik DInding Kamar Mandi Terbaru

     
     
     
     

Cara Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi

Di bawah ini adalah tata cara memasang keramik dinding kamar mandi:

  1. Rendamlah seluruh keramik yang nantinya akan dipasang selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum diaplikasikan pada dinding. Tujuan perendaman ini adalah untuk membuat pori-pori yang berada di bawah keramik tertutupi oleh air dan akan membuat adukan semen lebih menyatu dengan keramik. Apabila sebelumnya tidak direndam di dalam air, maka nantinya adukan semen jadi terserap ke dalam pori-pori keramik dan membuat keramik tidak menempel dengan maksimal pada dinding.
  2. Tempelkan adukan semen yang telah dicampur oleh pasir ke dinding yang nantinya akan dipasangi keramik. Selanjutnya tunggu hingga agak mengering supaya keramik dapat menempel dengan baik.
  3. Berikan sedikit air pada bagian keramik dengan cara disemprot atau di lap ketika akan meletakkan pada dinding. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar keramik masih dalam keadaan basah sebelum diberi lapisan semen.
  4. Memberi adukan semen pada bagian belakang keramik yang berwarna cokelat. Pastukan adukan semen tersebut sudah rata dan tidak terlalu tebal agar ketika keramik ditekan, lapisan semen tidak menjadi berantakan. Jika adukan semen terlalu banyak, tentu saja akan membuat permukaan keramik menjadi kotor dan mengakibatkan bahan yang digunakan lebih boros.
  5. Letakkan keramik sesuai dengan posisinya dan kemudian dipukul perlahan menggunakan palu karet supaya permukaannya menjadi sejajar dengan keramik di sebelahnya. Pastikan jika pemasangan keramik dimulai dari atas ke bawah. Untuk mencegah keramik tidak turun ke bawah, maka Anda dapat memasang paku untuk memastikan keramik tetap dalam posisi yang sama.
  6. Berikan spacer untuk nat keramik yang mempunyai ukuran serta tebal yang sama.
  7. Selanjutnya pukul keramik secara perlahan menggunakan palu karet hingga menjepit spacer yang sudah dipasang sebelumnya. Hal ini bertujuan agar besaran nat keramik sama semua.
  8. Setelah itu, cek sekali lagi dan pastikan jika permukaan keramik telah rata antara bagian bawah, atas, dan sampingnya.
  9. Lap bagian permukaan keramik yang sebelumnya terkena adukan semen. Meskipun setiap keramik biasanya telah dilengkapi dengan lapisan glaze agar kotoran tidak mudah menempel, namun akan lebih baik jika Anda membersihkan keramik dengan cara dilap agar tetap terlihat mengkilap dan bersih.
  10. Tunggu hingga beberapa saat supaya adonan semen mengering sehingga keramik dinding tidak akan melorot ketika paku penyangga dicabut. Apabila saat paku penyangga dicabut keramik menjadi bergeser, maka Anda harus segera membenarkan posisinya dan tambahkan semen kering agar keramik dapat merekat pada dinding dengan lebih cepat.
  11. Ulangi setiap proses yang telah dijelaskan tersebut hingga seluruh keramik telah terpaang di dinding. Akan tetapi, pastikan jika sebelum memasang keramik, di bagian samping sudah tidak ada lagi sisaan adonan semen. Hal ini tentunya bertujuan agar tidak terjadi gumpalan akibat adonan semen yang menumpuk terlalu banyak.

Kelebihan Penggunaan Keramik Dinding Kamar Mandi

  1. Lebih Tahan Lama dan Kokoh

Dibanding menggunakan wallapaper atau cat tembok biasa, penggunaan keramik dinding lebih disarankan karena sifatnya yang tidak lembab serta tekstur yang tidak mudah berubah akibat sering terkena cipratan air. Karakteristik keramik dinding yang kokoh membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya.

  1. Lebih Mudah untuk Dibersihkan

Perawatan keramik dinding sangat mudah untuk dilakukan karena mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu menggunakan lap basah untuk membersihkan keramik dari debu dan juga kotoran yang menempel. Sifat keramik yang spotless inilah yang membuat keramik dinding mudah untuk dibersihkan.

  1. Tidak Memerlukan Proses Pengacian

Memasang keramik dinding tidak memerlukan proses pengacian sehingga pengerjaan akan lebih cepat dan meminimalisir bujet yang harus dikeluarkan.

  1. Mempunyai Banyak Pilihan Motif

Keramik dinding mempunyai banyak pilihan motif sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan konsep atau nuansa yang ingin diciptakan pada kamar mandi Anda.

Kekurangan Penggunaan Keramik Dinding Kamar Mandi

Kekurangan dari penggunaan keramik dinding ini adalah biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal karena harga keramiknya sendiri sudah merogoh kocek yang lumayan dalam dan harus dikerjakan oleh orang yang profesional.

Leave a Comment