Harga Keramik Granit

Granit merupakan salah satu jenis lantai yang kini banyak digunakan untuk keperluan rumah tinggal. Harga keramik granit yang terkenal mahal dari keramik biasa tidak menyurutkan minat masyarakat untuk menggunakannya bahkan semakin naik.

Jenis lantai granit memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis lantai lain. Banyak yang menyebutkan bahwa granit memiliki kualitas lebih baik dari keramik untuk lantai rumah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui bagi Anda yang tertarik menggunakan lantai granit.

Keunggulan Lantai Granit

Harga Keramik Granit

  1. Kekuatan lantai

Lantai granit jauh lebih unggul dari segi kekuatan dibandingkan lantai keramik. Ubin granit melalui proses pembakaran bersuhu 1230 derajat dan dipress dengan tekanan 7200 PH. Proses tersebut menghasilkan lantai granit yang jauh lebih kuat dari keramik yang hanya dibakar pada suhu 1000 derajat celcius.

Walaupun granit melalui pemanasan di suhu yang sangat tinggi, permukaan lantai granit tetap halus dan mengkilap. Kesan mewah dari lantai granit yang mengkilap inilah yang membuat tampilan eksklusif pada ruangan dengan lantai granit. Selain itu, lantai granit yang bisa dipasang tanpa sambungan juga menjadi daya tariknya. Jenis lantai ini

  1. Daya tahan lantai

Walaupun harga keramik granit 60×60 per dus cukup mahal dibandingkan keramik, lantai granit memiliki keunggulan pada daya tahannya yang cukup tinggi. Permukaan granit dilapisi bahan glasur seperti keramik yang membuat tampilannya mengkilap.

Granit berukuran 60×60 harganya sekitar  300 hingga 400 ribuan per dus dengan isi 4. Meskipun mahal, granit memiliki daya tahan lebih baik terutama pada gesekan. Jenis lantai granit lebih tahan lama, tidak hanya pada goresan tetapi juga noda.

Hal inilah yang membuat lantai granit tetap terlihat bersih dan cantik untuk interior rumah. Material ini bahkan bisa digunakan untuk teras rumah. Granit juga memiliki daya tahan yang lebih baik dari jamur dan tahan air.

  1. Presisi lantai

Tingkat presisi granit lebih akurat dibandingkan keramik. Hal tersebut karena pada ubin granit memiliki cutting size yang dapat menghasilkan lantai dengan tingkat presisi yang akurat. Pada proses pemasangan lantai granit, Anda hanya membutuhkan nat dengan lebar 1 milimeter saja.

Ruangan akan terlihat rapi dengan lantai granit, apalagi jika menggunakan lantai granit tanpa sambungan. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak menumpahkan cairan asam atau cairan yang bersifat abrasif agar tidak merusak lantai granit.

Jika perlu, gunakan alas seperti kain pada kaki furnitur agar tidak langsung mengenai permukaan lantai granit.

  1. Pola lantai yang natural

Granit menjadi solusi tepat untuk menyulap rumah menjadi terlihat mewah. Lantai granit dapat diaplikasikan pada rumah-rumah minimalis, mulai dari ruang tamu, kamar, dapur, hingga kamar mandi. Walaupun motifnya tidak sebanyak lantai keramik, granit memiliki pola natural yang tidak kalah indah.

Lantai dapur dan kamar mandi bisa menggunakan granit berwarna hitam untuk memberikan tampilan teduh dan kesan tegas. Selain hitam, lantai granit berwarna biru juga bisa menjadi pilihan untuk memberi kesan megah di kamar mandi Anda.

Untuk interior yang santai dan sejuk, lantai granit berwarna hijau bisa menjadi alternatif yang tepat. Jika ingin menampilkan kesan mewah untuk ruang keluarga dan ruang tamu, granit berwarna putih sangat cocok untuk finishing lantai.

Selain memilih pola dan warna, jangan lupa untuk menata interior agar seimbang dengan lantai granit. Misalnya ruangan dengan lantai granit yang cenderung gelap, maka pilihlah furnitur yang memiliki warna terang.

  1. Lantai mewah untuk membangkitkan mood

Harga keramik granit 40×40 di pasaran kurang lebih 150 hingga 250 ribuan. Anda bisa memilih lantai granit ini jika ingin kemewahan di dalam rumah. Kemewahannya bahkan bisa dibawa hingga ke kamar tidur dengan mengaplikasikan granit pada bagian lantai.

Jenis lantai ini bahkan bisa memberikan kesejukan dan sangat cocok untuk rumah yang berada di wilayah bersuhu tinggi. Kamar akan semakin nyaman dan membuat Anda betah di dalamnya. Selain kamar, granit juga bisa diterapkan untuk lantai dapur.

Dapur akan tampil dengan lebih mewah sehingga lebih semangat untuk memasak. Jangan khawatir soal ketahanan lantai granit, material ini tahan terhadap gesekan, noda, hingga jamur. Lantai dapur tidak akan mudah terlihat kotor dengan lantai granit.

Pada ruangan yang sempit, Anda bisa menggunakan lantai granit tanpa sambungan sehingga memberikan kesan lebih luas.

  1. Permukaan mengkilap dan kesat

Jika melihat harga granit 60×60 per dus yang lebih mahal dari keramik, beberapa orang mungkin akan berpikir ulang untuk membelinya. Namun untuk soal tampilan, lantai granit jauh lebih mengkilap dari keramik. Keunggulan inilah yang menjadi daya tarik dari granit.

Permukaan granit yang mengkilap dan terasa lembut menjadi nilai plus untuk dibandingkan dengan jenis lantai keramik. Namun jangan khawatir karena permukaan granit tetap kesat sehingga aman. Komposisi granit lebih padat yang membuatnya tidak menyerap air sehingga tidak licin.

Jadi material ini tetap bisa dipakai dengan aman untuk lantai kamar mandi dan dapur. Granit juga tidak mudah retak seperti halnya material keramik.

  1. Perawatan lantai yang cukup mudah

Harga keramik 60×60 yang tidak murah memang membuat biaya yang harus dikeluarkan di awal lebih tinggi. Walaupun mahal, perawatan lantai granit tidak mahal dan hampir sama seperti perawatan lantai keramik. Perawatan yang sesuai karakteristik granit dibutuhkan untuk menjaga ketahanan lantai agar tetap awet.

Pada proses pemasangan lantai granit menggunakan lapisan sepen untuk membuat lantai rapi dan rata. Untuk lantai granit yang sudah terpasang biasanya harus dibiarkan mengering antara 2 hingga 3 hari. Jenis lantai granit ini memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap goresan.

Jika ada goresan karena benda tajam, Anda bisa menggunakan bubuk poles untuk menghilangkannya. Perawatan harian untuk lantai granit sendiri tidak begitu sulit. Gunakan lap yang sedikit lembap untuk membersihkan lantai dari kotoran.

Selanjutnya jangan lupa untuk segera dikeringkan dengan lap yang lebih bersih. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus setiap beberapa minggu sekali untuk membersihkan lantai dari kotoran terutama yang sudah mengerak.

  1. Harga dan kemewahan

Harga granit Cina yang dijual cukup mahal mungkin tidak cocok untuk beberapa orang, khususnya yang menggunakan cara hemat membangun rumah. Lantai keramik dengan harga yang lebih murah dibandingkan lantai granit lebih cocok untuk Anda yang menerapkan tips hemat membangun rumah.

Walaupun kalah dalam masalah harga, kualitas lantai granit tidak perlu diragukan lagi. Granit dibuat dari bahan alam yaitu batuan dari magma yang membeku. Bahan tersebut lebih kuat dan tidak mudah pecah. Permukaannya juga lebih mengkilap sehingga tampilan granit jauh lebih elegan dibandingkan dengan keramik.

Harga keramik granit yang jauh lebih mahal bahkan dianggap sebagai kemewahan tersendiri. Tidak heran jika banyak yang tertarik untuk menggunakan granit.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki granit dibandingkan keramik. Kemewahan dan kekuatan lantai yang lebih baik menjadi keunggulan granit, walaupun harga keramik granit yang lebih mahal.

Leave a Comment