Harga Keramik

Keramik untuk lantai merupakan bagian penting dalam suatu dekorasi atau interior rumah. Memilih lantai perlu memperhatikan desain dan juga kualitas material keramik itu sendiri. Harga keramik pun cukup beragam tergantung ukuran dan kualitasnya.

Selain untuk lantai, beberapa jenis keramik juga difungsikan untuk pelapis dinding. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memasang keramik baik untuk lantai maupun dinding agar mendapatkan hasil terbaik.

Tips Memilih dan Memasang Keramik untuk Interior Rumah

  1. Sesuai keinginan sendiri

Selera setiap orang pastinya berbeda-beda, termasuk dalam hal desain untuk rumah atau ruangan. Keramik yang dipilih sesuai keinginan, akan membuat Anda nyaman dan senang untuk melihatnya. Misalnya Anda lebih suka dengan keramik gaya vintage, Anda bisa menggunakan keramik dengan motif bunga atau lainnya.

Pemilihan model keramik akan lebih baik, jika sesuai dengan keinginan sendiri. Bagi yang suka mengedepankan kualitas, keramik platinum atau sekelasnya bisa menjadi pilihan. Harga keramik platinum di pasaran sekitar 40 ribuan per dus.

Namun apabila Anda tidak bisa menentukan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk membuat kamar mandi Anda terlihat bagus dengan keramik terbaik.

  1. Memilih keramik sesuai ruangan

Keramik memiliki fungsi penting sebagai pelapis lantai. Masyarakat dapat menggunakan berbagai jenis keramik yang tersedia, mulai dari yang polos hingga bermotif. Namun Anda perlu tahu bahwa dari semua keramik yang ada, terdapat perbedaan keramik sesuai penggunaanya.

Pilihlah keramik sesuai dengan ruangannya. Misalnya untuk ruang tamu dan ruang keluarga, Anda bisa menggunakan keramik dengan motif yang bagus. Sedangkan untuk dapur dan kamar mandi, sebaiknya bukan hanya motif tetapi juga memperhatikan tekstur permukaan keramik.

Keramik yang terlalu licin tidak cocok untuk dapur atau kamar mandi karena bisa berbahaya, akan lebih baik menggunakan keramik yang permukaannya sedikit kasar.

  1. Memilih keramik sesuai fungsinya

Sebagian besar penggunaan keramik adalah untuk menambah nilai estetik dari sebuah ruangan. Untuk fungsi tersebut, Anda bisa memilih keramik dengan desain yang sesuai keinginan. Anda dapat mengecek harga keramik dan gambarnya terlebih dulu sebelum membelinya.

Namun untuk fungsi lain seperti pelapis lantai dapur dan kamar mandi, lebih disarankan mengutamakan ketahanan dan kualitas keramik. Keramik yang cocok untuk lantai dapur adalah keramik yang memiliki daya tahan tinggi.

Hal tersebut karena dapur menjadi ruangan yang cukup sibuk dengan banyak tekanan di atas lantai dan bisa saja perabotan-perabotan jatuh mengenai lantai. Sedangkan untuk lantai kamar mandi yang ideal adalah yang memiliki permukaan kasar. Hal tersebut untuk mengurangi risiko licin dan terpeleset.

  1. Melihat banyak sampel keramik

Pada toko bangunan, biasanya keramik akan dipajang satu buah dari setiap modelnya. Anda tidak bisa melihat bagaimana pola yang akan dihasilkan dari model tersebut. Sebelum menanyakan harga keramik per dus ke petugas toko, sebaiknya melihat-lihat dulu motif atau model keramik yang tersedia.

Selain dari display toko, Anda bisa mencari contoh atau gambar-gambar keramik yang sudah dipasang melalui internet. Banyak di internet yang membagikan informasi-informasi seputar desain, termasuk tips memilih motif keramik untuk ruangan Anda.

  1. Pilih keramik dengan warna cantik

Keramik untuk pelapis lantai boleh saja menggunakan warna-warna kesukaan Anda sendiri. Jika Anda suka warna cerah, Anda bisa menggunakan warna kuning, biru, atau warna-warna ceria lainnya. Warna cerah seperti biru, bisa membuat kamar mandi terlihat lebih luas.

Selain itu, warna-warna cerah juga bisa memberi pengaruh pada perasaan Anda menjadi ceria dan bahagia. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua ruangan di rumah harus menggunakan keramik berwarna cerah. Anda juga bisa menggunakan keramik dengan warna gelap seperti abu-abu dan hitam.

Warna keramik tersebut merupakan salah satu model yang sekarang populer dan banyak diminati, terutama untuk interior kamar mandi. Varian keramik cocok untuk mereka yang ingin memiliki kamar mandi yang elegan atau maskulin. Anda bisa menggunakan warna gelap pada keramik kamar mandi, asalkan bisa mengatur pencahayaannya supaya tidak terlihat suram.

  1. Pilih keramik dengan model dan ukuran yang tepat

Di pasaran banyak sekali tersedia berbagai pilihan model keramik, mulai dari ukuran standar hingga keramik yang berukuran besar seperti 50×50. Harga keramik 50×50 per dus  di pasaran dijual sekitar 60 ribuan. Selain itu, Anda bisa menggunakan keramik dengan bentuk yang biasa atau pun memilih bentuk yang lebih unik dan berbeda.

Kebanyakan keramik, baik untuk lantai atau pun dinding merupakan keramik dengan bentuk segi empat dan persegi panjang. Anda bisa mencoba menggunakan keramik bentuk lain seperti segi lima atau segi enam untuk menampilkan interior dengan gaya unik dan tentunya berbeda dari yang lain.

Bagi yang lebih suka kesederhanaan, keramik polos dengan warna tertentu bisa menjadi alternatif yang tepat. Keramik dengan motif berukuran kecil juga bisa menjadi pemanis interior tanpa terlihat berlebihan.

  1. Susun keramik dengan benar

Keramik yang memiliki motif harus dipasang mengikuti motif itu sendiri. Banyak keramik dengan motif atau mozaik yang diminati masyarakat, baik untuk lantai maupun dinding. Harga keramik dinding dapat lebih mahal, jika memiliki motif seperti gambar bunga atau buah.

Biasanya untuk keramik dinding dengan gambar atau motif dimanfaatkan untuk menghias interior dapur. Anda perlu menyusun dengan benar agar motif atau pola dari keramik tersebut terbentuk. Sebagus apapun model keramik yang Anda pilih, tidak akan menjadi bagus apabila dalam pemasangan salah.

Kesalahan desain untuk keramik kamar mandi bisa membuat ruangan tersebut terlihat biasa saja. Kesalahan bisa terjadi karena banyak keramik yang harus dipasang yang membuat lupa dan akibatnya memasang keramik dengan posisi salah.

  1. Pilih keramik sesuai budget

Satu hal penting yang menjadi perhatian adalah budget atau dana yang Anda miliki untuk membeli keramik. Keramik putih polos bisa menjadi pilihan ekonomis untuk budget terbatas. Harga keramik putih polos per dus isi 11 sekitar 80 hingga 90 ribuan dengan ukuran keramik 30×30.

Untuk ukuran keramik yang lebih besar yakni 40×40 per dus harganya sekitar100 ribuan dengan isi 6 buah keramik. Tidak harus keramik yang paling mahal untuk bisa mempercantik interior rumah Anda. Jika keramik dipasang dengan benar, maka ruangan-ruangan di rumah Anda pun akan terlihat bagus walaupun hanya menggunakan keramik dengan harga standar.

Selain itu, penting juga memperhatikan perawatannya. Semahal apapun keramik yang Anda beli, jika tidak dirawat dengan baik pun akan membuat kamar mandi Anda tidak bagus. Pilihlah keramik yang sesuai dengan selera dan budget yang Anda miliki.

Itulah beberapa tips memilih dan memasang keramik agar hasilnya memuaskan. Jika harga keramik dirasa terlalu mahal, Anda bisa mengakalinya dengan jenis atau model lain yang harganya sesuai dana yang Anda sediakan untuk interior rumah.

Leave a Comment