Lem fox bukan merek yang asing bagi masyarakat Indonesia. Lem ini menjadi bahan perekat yang banyak digunakan untuk menempelkan berbagai media. Lem ini dikenal sebagai lem kayu yang kuat, padahal bisa digunakan juga untuk lem kertas, karet, dan lain sebagainya. Harga lem fox yang paling murah tentu yang berukuran kecil. Produk ini memang dipasarkan dengan beberapa varian ukuran mulai dari 60 gram hingga 10 kilogram. Berikut beberapa varian lem fox yang dijual di pasaran dan kegunaannya.

Varian Lem Fox

  1. Lem putih

Berbagai varian atau jenis lem digunakan sebagai perekat untuk keperluan yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki ciri khas dan sifat atau daya rekat yang berbeda. Lem putih menjadi salah satu varian lem fox yang paling ringan.

Perekat ini biasanya digunakan untuk keperluan yang tidak terlalu membutuhkan perekat kuat seperti kertas, produk kerajinan tangan, keperluan kantor, dan lain sebagainya. Bahan untuk membuat lem sendiri berasal dari pohon damar yang juga dimanfaatkan untuk bangunan. Lem putih dari lem fox hadir dalam bentuk lem fox stik.

Harga lem fox stik dengan isi 60 gram dijual sekitar 4 ribuan. Varian lem putih ini memiliki keterbatasan yakni tidak tahan terhadap air. Jadi lebih cocok untuk media yang tidak terkena air agar lem tetap kuat merekat.

Cara menggunakannya cukup mudah hanya perlu mengoles lem secukupnya ke media yang ingin ditempel dan tunggu beberapa menit hingga benar-benar kering. Beberapa kegunaan dari lem putih fox biasanya dimanfaatkan untuk keperluan sebagai berikut.

  • Menempelkan kertas

Lem fox putih memiliki tekstur seperti bubur dan biasanya dimanfaatkan sebagai lem kertas. Untuk menggunakannya, Anda bisa memakai sendok kecil atau benda lain sehingga tidak mengenai tangan. Oles lem ke kertas dan tunggu hingga lem kering.

  • Menempelkan wallpaper dinding

Wallpaper untuk dinding kini menjadi salah satu interior yang cukup populer dan telah banyak digunakan. Wallpaper dapat ditempelkan dengan mudah menggunakan lem fox putih. Lem ini dapat merekatkan wallpaper dengan cukup kuat pada dinding. Cukup oleskan ke wallpaper dan  tempel ke dinding. Gosok secara lembut agar lem rata dan tidak ada ujung wallpaper yang mengelupas. Untuk kebutuhan yang memerlukan banyak lem, tersedia lem fox putih dengan kemasan plastik. Harga lem fox plastik yang isinya 350 gram dijual sekitar 9 ribuan

  • Menempelkan busa

Berbagai produk rumah tangga yang memilki lapisan busa dapat direkatkan dengan bantuan lem fox putih. Oles lem fox pada bagian busa yang akan dipasang dan tempel langsung sambil digosok-gosok. Lem ini dapat digunakan untuk menempelkan busa dengan busa, busa dengan kayu, atau busa dengan kain.

  • Penjilidan buku

Penjilidan biasanya dibutuhkan untuk menjaga buku agar halamannya tidak mudah lepas, terutama untuk buku-buku tebal. Buku yang tebal dapat dijilid dengan menggunakan lem fox putih. Prosesnya mudah dan untuk pengeringan tergantung ketebalan kertas yang dilem.

  • Menempelkan media kerajinan tangan

Lem fox putih dapat digunakan untuk merekatkan media kerajinan tangan seperti rotan. Tersedia lem fox dengan isi lebih banyak hingga 10 kilogram. Harga lem fox putih 10 kg kurang lebih 200 ribuan untuk berbagai keperluan.

  • Campuran plamir dinding

Lem sering digunakan untuk campuran plamir dinding dengan tujuan memutihkan atau mencerahkan dinding yang akan dicat. Setelah itu, pengecetan akan lebih mudah termasuk untuk penggantian warna yang kontras dengan warna cat awal. Campuran plamir dan lem ini kemudian ditambah semen putih dengan perbandingan 1:3.

  1. Lem kuning

Lem fox kuning identik sebagai lem kayu yang juga sering digunakan di industri. Daya lekat lem kuning lebih kuat untuk media kayu. Lem kayu dikenal dengan beberapa tipe yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe 3. Tipe 1 adalah lem kayu yang memiliki daya tahan paling bagus terhadap air.

Untuk tipe 2 memiliki daya tahan yang kurang dibanding tipe 1 dan biasanya digunakan untuk kepentingan interior rumah. Lem kuning dengan daya rekat yang paling rendah adalah tipe 3. Lem yang diproduksi oleh PT Aica Indria ini paling banyak digunakan untuk beberapa keperluan seperti berikut.

  • Merekatkan media kayu

Lem fox kuning memiliki daya rekat yang lebih kuat sehingga bisa digunakan untuk merekatkan kayu. Perabot rumah tangga dan barang-barang berbahan kayu dapat disatukan menggunakan lem fox kuning. Varian lem kuning dikenal sangat kuat dan tahan lama untuk kayu.

Hal tersebut karena lem ini memiliki sifat yang dapat diserap hingga ke pori-pori kayu. Harga lem fox kuning 10 kg kurang lebih 400 hingga 500 ribuan. Lem yang dijual dengan kemasan ember ini bisa menjadi salah satu perlengkapan yang cukup penting dalam industri.

  • Merekatkan media kulit

Tidak hanya kayu, lem fox kuning juga bisa diandalkan untuk melekatkan sol sepatu atau barang-barang yang berbahan kulit. Lem dengan bahan polyvinyl ini dapat membantu pembuatan produk kulit seperti sandal, tas, dan sepatu.

Memiliki daya rekat yang kuat tetapi tidak merusak lapisan kulit, baik kulit asli maupun kulit sintesis. Varian lem fox kuning ini paling banyak direkomendasikan dengan keunggulan daya rekat lem yang kuat. Namun perlu berhati-hati saat mengaplikasikan lem agar tidak mengenai tangan karena cukup sulit untuk dibersihkan.

  • Merekatkan media berbahan vinyl

Harga lem kayu fox putih 1 kg memang cukup murah sekitar 27 ribuan dan bisa diaplikasikan untuk beragam media kerajinan tangan. Selain lem putih, perekatan media vinyl akan lebih kuat dengan menggunakan lem fox kuning. Bahan perekat ini bisa diaplikasikan langsung ke vinyl atau ke media perekat yang digunakan, baik berupa kertas, kayu, maupun dinding.

  • Menempelkan koraltex

Koraltex yang biasanya ditempelkan ke kaca akuarium bisa menggunakan lem fox kuning atau putih. Bahan perekat dari lem fox dapat menempel cukup kuat untuk media koraltex ke kaca. Ratakan lem ke koraltex maupun kaca agar tidak ada yang menggumpal atau bergelembung.

  • Merekatkan karpet

Karpet yang digunakan untuk interior atau dekorasi rumah bisa menggunakan lem fox kuning untuk perekatnya. Lem dengan daya rekat yang lebih tinggi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis karpet. Media tempel yang dipakai bisa kayu, serat, kain, atau dinding. Harga lem fox kayu 1 kg yang cukup terjangkau ini bisa membantu merekatkan karpet bahkan material lain dengan sangat kuat.

  • Menempelkan serbuk gergaji

Lem fox juga bisa dipakai untuk menempelkan serbuk gergaji kayu yang biasanya dipasang untuk briket. Kerajinan tangan yang cukup unik ini dapat direkatkan dengan lem fox kuning maupun putih.

Beberapa varian lem fox yang tersedia bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Harga lem fox bisa dikatakan murah dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Leave a Reply