Harga plafon gypsum

Harga Plafon Gypsum

Harga Plafon Gypsum – Plafon merupakan salah satu bagian penting yang digunakan pada bagian atas atau atap sebuah bangunan. Tidak hanya berguna untuk menutupi bagian atas rumah, plafon juga memiliki peran penting dalam menentukan gaya atau kesan sebuah ruangan.

Bagian atas bangunan, terutama rumah juga harus diperhatikan untuk menunjang tampilan rumah impian Anda. Ada berbagai jenis plafon yang dapat Anda gunakan untuk bagian atas rumah Anda. Salah satunya adalah plafon gypsum.

Plafon jenis ini merupakan plafon yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Baik untuk pelengkap interior rumah modern maupun semi modern. Harga plafon gypsum sendiri tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Gypsum sendiri merupakan bebatuan sedimen yang dikenal sangat kokoh. Pada zaman dulu, gypsum dijadikan sebagai material untuk membuat sebuah bangunan. Namun saat ini, gypsum lebih banyak digunakan sebagai material plafon.

Dengan menggunakan plafon gypsum, membuat rumah Anda terkesan lebih mewah dan modern. Plafon gypsum juga terlihat lebih rapi karena sambungan-sambungan antar plafon tidak terlihat seperti menggunakan plafon lain.

Material yang biasa digunakan untuk rangka plafon gypsum adalah metal puring atau material kayu. Menggunakan material gypsum, dapat membuat ruangan terasa sejuk. Hal ini karena gypsum dikenal sebagai bahan yang mampu meresap panas dan membuat ruangan terasa sejuk.

Saat ini, ada banyak jenis plafon yang dapat dipilih untuk digunakan pada ruangan. Sebelum Anda memutuskan menggunakan plafon gypsum untuk interior rumah Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipe gypsum. Berikut adalah beberapa tipe gypsum yang dapat Anda pilih.

Tipe Plafon Gypsum

Tipe Plafon Gypsum

  1. Plafon dasar Konvensional

Tipe plafon ini merupakan yang paling umum digunakan. Plafon ini dipasang tepat di bawah rangka atap dan terdiri dari lembaran plafon. Cara memasang plafon ini terbilang paling mudah diantara plafon lainnya. Namun karena masih tradisional, tidak ada yang istimewa dari plafon ini.

  1. Plafon Gantung

Terdiri dari panel plafon dan rangka besi, plafon ini biasanya dipasang di bawah plafon lama. Plafon ini dapat memberikan kesan yang artistik pada ruangan Anda. Akan lebih indah jika ditambahkan ornament seperti lampu hias dibawahnya. Plafon gantung dapat menutupi plafon lama Anda yang mulai mengalami penurunan kualitas.

  1. Plafon datar Transparan

Penggunaan plafon ini biasanya dikhususkan untuk ruangan tertentu. Dengan menggunakan plafon jenis ini, akan membuat sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Plafon ini cocok dipasang pada ruangan semi terbuka sehingga memberikan kesan modern dan stylish pada ruangan Anda.

  1. Plafon Tipe Baki

Plafon ini juga disebut dengan tray ceiling yang didesain dengan bagian tengah yang terangkat. Plafon ini dapat mempercantik ruangan Anda karena dapat disesuaikan dengan konsep ruangan yang diusung.

Setelah memilih salah satu dari tipe plafon, ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan plafon gypsum ini. Meski memiliki banyak keuntungan plafon gypsum tidak lepas dari kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan plafon gypsum yang bisa Anda pertimbangkan.

Kelebihan Plafon Gypsum

Harga plafon gypsum

  1. Berbagai Macam Motif dan Aksesoris

Sebagai salah satu benda yang mempengaruhi penampilan atap banguna, plafon menawarkan berbagai macam motif, mulai dari motif kotak, lingkaran dan berbagai macam kreasi lainnya. Bahkan gypsum hadir dalam bentuk kubah (dome), plafon bertingkat (drop up ceiling) dan lain sebagainya.

Untuk urusan warna, Anda dapat mewarnai gypsum sesuai dengan keinginan atau dapat menyesuaikan dengan warna cat tembok rumah Anda. Selain menawarkan motif yang beragam, gypsum juga dapat ditambahkan dengan penggunaan aksesoris pendukung seperti hiasan pada bagian tengah dan sudut plafon.

  1. Tahan Terhadap Panas

Gypsum memang dikenal memiliki material yang mudah menyerap panas. Tidak heran jika gypsum sulit untuk terbakar. Sifat gypsum yang mampu mendinginkan ruangan tentunya dapat mengurangi resiko terjadinya kebaran.

  1. Rapi dan Menarik

Menggunakan plafon gypsum dapat memberikan kesan mewah pada rumah Anda karena desainnya yang modern. Tidak seperti plafon lainnya, sambungan-sambungan antar plafon satu dan lainnya pada gypsum tidka akan terlihat jelas sehingga membuat atap hunian Anda terlihat lebih rapi.

  1. Perawatan yang Mudah

Merawat gypsum terbilang cukup mudah, Anda hanya membutuhkan sapu atau kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel pada plafon. Jika terjadi kerusakan pada gypsum, Anda hanya perlu menambalnya dengan compound untuk membuatnya terlihat seperti baru.

  1. Harga Murah

Menggunakan gypsum sebagai plafon dapat menghemat anggaran dana Anda. Meski memiliki harga yang relatif murah, namun gypsum tidak serta merta membuat rumah Anda menjadi murahan. Gypsum justru membuat rumah Anda terlihat lebih elegan dengan motif dan aksesoris yang didesain modern.

Kekurangan Plafon Gypsum

Harga plafon gypsum

  1. Tidak Tahan Air

Meski dapat mendinginkan ruangan, ternyata tidak membuat gypsum tahan terhadap air. Jika gypsum terkena air, maka lama kelamaan akan membuatnya berjamur. Sebaiknya Anda menghindari menggunakan plafon gypsum pada tempat yang lembab seperti kamar mandi. Untuk pencegahan, pastikan genting rumah Anda aman dari kebocoran.

  1. Mudah Patah

Plafon gypsum bisa dibilang rapuh. Untuk itu perlu kehati-hatian ketika memasang supaya tidak terbentur atau terinjak.

  1. Perawatan Berkala

Gypsum harus tetap dirawat dan dibersihkan secara berkala. Anda dapat melakukan perawatan dengan melakukan pengecetan ulang atau membersihkan dari debu yang menempel pada gypsum. Hal ini agar gypsum dapat bertahan lebih lama.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari plafon gypsum. Tentunya Anda tidak serta membeli plafon untuk rumah, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan sebelum membeli dan memasang plafon. Berikut adalah tips memilih plafon untuk rumah.

Tips Memilih Plafon

Harga plafon gypsum

  1. Perhatikan ketinggian bangunan. Karena udara di Indonesia cukup panas, dalam membangun hunian sebaiknya Anda perlu memperhatikan ventilasi, memperbanyak bukaan untuk pencahyaan dan plafon yang tinggi. Manfaat memasang plafon yang tinggi adalah membantu melancarkan sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik akan membuat rumah terasa sejuk dan mendinginkan suhu di dalam rumah. Tinggi ideal plafon untuk jenis rumah di Indonesia adalah tiga meter dari lantai.
  2. Perhatikan warna plafon. Warna putih memang masih menjadi primadona untuk sebagian orang. namun tidak ada salahnya jika Anda memilih plafon dengan warna-warna yang lebih cerah. Namun perlu Anda perhatikan, sesuaikan warna plafon dengan warna tembok atau konsep rumah Anda. Hal ini untuk memastikan adalah apakah warna yang Anda pilih sesuai dengan celah masuknya sumber cahaya ke dalam rumah.

Jika Anda sudah memiliki konsep rumah impian tapi masih bingung memilih plafon yang akan digunakan, plafon gypsum bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Harga plafon gypsum 2019 terbilang murah, dapat membantu mengurangi pengeluaran dalam pembangunan rumah Anda. Bentuk dan jenis gypsum yang berbeda-beda tentunya juga menawarkan harga yang bervariasi. Untuk itu, pilihlah plafon gypsum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply