Harga Tandon Air

Harga Tandon Air

Tandon atau tangki air sering dijumpai di rumah-rumah sebagai tempat penampungan air. Harga tandon air di pasaran tentu beragam sehingga masyarakat dapat memilih sesuai kebutuhan. Adanya tandon air dapat menjamin ketersediaan air di rumah setidaknya untuk 2 hingga 3 hari. Ada beberapa tips memilih dan meletakkan tandon air yang perlu dipahami agar tandon air dapat bertahan lama atau awet.

Tips Memilih dan Meletakkan Tandon Air di Rumah

  1. Kenali jenis tandon air terbaik dan tepat sesuai kebutuhan

Tangki air atau tandon yang sering dijual di pasaran ada 3 jenis yakni fiberglass, , dan stainless steel. Masing-masing jenis tandon air tentu memiliki kelebihan dibanding yang lain.

  • Tandon air fiberglass

Keberadaan tandon air di rumah akan membuat Anda tidak selalu bergantung dengan listrik. Saat ada pemadaman listrik, air tetap bisa mengalir jika menggunakan tangki air. Berbeda jika di rumah hanya mengandalkan pompa air listrik.

Tandon atau tempat penampungan air yang cukup banyak digunakan adalah jenis fiberglass. Bahan FRP yang digunakan membuat jenis tandon ini memiliki bentuk yang lebih keras. Keunggulannya adalah pada harganya yang rumah dan bobotnya yang lebih ringan.

  • Tandon air polyethylene

Jenis tandon air yang paling umum digunakan di Indonesia adalah polyethylene. Tandon air dengan bahan plastik PE yang sudah memiliki standarisasi SNI dan FDA USA. Bahan plastik ini memiliki bobot yang lebih ringan sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindahkan.

Bahan plastik PE juga memiliki keunggulan daya tahannya terhadap benturan dan tekanan. Tandon air dari bahan ini tidak mudah bocor. Bagian dalam tangki ini biasanya dilapisi material anti lumut dan jamur sehingga aman untuk menyimpan air.

  • Tandon air stainless steel

Menggunakan pompa air terlalu sering tentu akan membuat tagihan listrik naik. Hadirnya tandon air dapat menjadi salah satu solusi masalah tersebut. Anda hanya perlu menyalakan listrik satu kali untuk mengisi tandon air hinga penuh.

Setelahnya Anda bisa lebih bebas memakai air tanpa khawatir dengan tagihan listrik. Salah satu jenis tandon air yang ada di pasaran adalah yang terbuat dari bahan SS 304 atau yang biasa disebut tandon air stainless. Kelebihan material tersebut adalah tidakĀ  tembus sinar matahari sehingga di dalam tandon air tidak akan ditumbuhi lumut.

Walaupun harga tandon air stainless lebih mahal dibanding yang lain, tandon dari bahan stainless steel sudah memperoleh pengakuan dari FDA USA atau food, drug, and administration sebagai material yang aman. Bentuknya pun tidak mudah berupah bahkan dengan adanya tekanan air di dalamnya.

  1. Pilih tandon air dengan ukuran yang tepat

Selain material atau bahan pelapis tandon berbeda-beda, ukuran yang disediakan juga beragam. Pilih tangki air yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda. Hal ini cukup penting mengingat kapasitas akan menentukan harga tandon air.

Semakin besar kapasitasnya akan semakin tinggi pula harganya. Kebutuhan air setiap orang rata-rata 200 liter per hari. Anda bisa hitung sesuai jumlah anggota keluarga yang ada di rumah untuk mengetahui berapa liter air yang sekiranya perlu disiapkan.

Tandon air dengan kapasitas kecil lebih terjangkau seperti harga tandon air 300 liter yang banyak dijual di kisaran harga 400 hingga 500 ribuan.

  1. Atur volume air di dalam tangki

Seringkali air terbuang karena pengisian pada tandon air yang berlebihan. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan radar dan bola pelampung. Bola ini mengambang di atas permukaan air yang membantu membuka dan menutup kran secara otomatis.

Cara kerjanya adalah mengatur batas bawah dan atas. Pelampung akan turun mengikuti volume air dan jika mencapai batas bawah, maka secara otomatis membuka kran. Saat air pelampung sudah mencapai batas atas, tombol power akan terlepas sehingga pengisian air otomatis berhenti.

  1. Pilih tangki berlapis dengan permukaan licin

Harga tandon air bekas yang lebih murah sering kali membuat orang tergiur untuk membelinya. Namun sebaiknya tetap perhatikan beberapa hal penting agar tidak salah pilih. Ciri-ciri tandon air yang baik adalah yang memiliki dinding berlapis-lapis dengan permukaan yang licin.

Tangki air dengan lapisan yang lebih dari satu akan lebih tahan dari tekanan, guncangan, suhu ekstrem, hingga kebocoran. Sementara itu, untuk permukaan yang licin di bagian dalam tangki air akan lebih memudahkan saat Anda membersihkannya.

  1. Pilih tangki air dengan tutup berulir

Tandon air yang memiliki tutup berulir lebih disarankan karena mampu menutup tangki dengan lebih kencang dan kuat. Hal tersebut akan membuat air di dalam tangki lebih terjamin. Selain itu, tutup yang berulir juga lebih mudah untuk dibuka.

Ukuran tutup tergantung dari kapasitas tandon air. Perhatikan untuk memilih tandon dengan kapasitas sesuai kebutuhan Anda karena harga tandon air Semarang dan di banyak tempat selalu lebih mahal untuk tandon dengan kapasitas yang lebih besar.

Tandon air dengan kapasitas antara 300 hingga 1500 liter biasanya membutuhkan tutup dengan ukuran 40 cm. Sedangkan untuk tandon air dengan kapasitas lebih dari 2000 liter membutuhkan tutup berukuran 60 cm.

  1. Siapkan bangunan dengan struktur kuat

Tandon air dengan kapasitas besar seperti 5000 liter biasanya dibutuhkan untuk rumah-rumah yang memang kebutuhan air hariannya tinggi. Harga tandon air 5000 liter di pasaran sekitar 600 hingga 700 ribuan. Harga yang lebih mahal dibandingkan tandon air 300 liter atau yang lebih kecil.

Kapasitas tandon air tidak hanya mempengaruhi harga, tetapi penting juga untuk diperhatikan terkait struktur bangunan yang perlu disiapkan.

Semakin besar kapasitas tandon air, akan semakin berat pula beban yang dihasilkan ditambah lagi dengan ketinggian posisi tandon air. Struktur pondasiĀ  atau bangunan untuk meletakan tandon air harus benar-benar kuat menahan beban tandon dan air di dalamnya. Untuk 1000 liter air saja, tekanannya sudah mencapai 1 ton.

  1. Perhatikan ketinggian posisi tandon

Kekuatan semburan air tergantung dari kuantitas air dan juga posisi ketinggian tangki air. Tandon dengan kapasitas besar dapat menampung air lebih banyak sehingga air yang keluar dapat lebih kuat. Harga tandon air 1000 liter lebih umumnya dijual mulai harga 1,2 jutaan.

Selain volume air, kekuatan semburan air juga tergantung dari posisi ketinggian tempat Anda meletakan tandon air. Untuk tangki yang diletakkan di ketinggian 2 hingga 3 meter akan menghasilkan semburan air sekitar 3 sampai 5 liter air per menit.

Tekanan air tersebut memang cukup rendah, tetapi akan lebih menghemat air. Sementara untuk ketinggian 4 hingga 6 meter dapat menyemburkan air dengan cukup kuat. Air dapat digunakan untuk keperluan mencuci mobil atau membersihkan kotoran yang ada di luar rumah.

Tandon yang diletakkan di ketinggian lebih dari 7 meter akan memberikan semburan yang kuat dan bahkan mampu menyalakan water heater. Air dapat digunakan untuk segala kebutuhan, tetapi jumlah liter air per menit yang keluar akan lebih banyak.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan selain harga tandon air sebelum membeli dan memasangnya di rumah.

Leave a Reply