Desain Taman Minimalis

Taman Minimalis – Rumah merupakan tempat melepas segala lelah. Namun, ketika sedang beristirahat di rumah, pernahkah Anda merasa bosan dengan keadaan di rumah? Jika ya, mungkin Anda membutuhkan udara segar.

Bisa saja Anda pergi berjalan-jalan ke taman atau pergi rekreasi. Tapi, alangkah menyenangkannya jika situasi menyenangkan tersebut bisa Anda ciptakan sendiri di rumah bukan?

Maka, taman minimalis dapat menjadi solusinya. Tidak perlu khawatir, karena taman tersebut merupakan sebuah taman kecil yang memanfaatkan lahan di sekitar rumah Anda dan cukup mudah dibuat.

Ada berbagai macam alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat taman minimalis impian. Tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal, karena dalam proses pembuatannya Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Tak hanya menyenangkan jika memiliki taman mini di rumah, proses pembuatannya pun dapat memberikan dampak positif bagi Anda. Terlebih Anda termasuk orang yang cukup sibuk dan jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Untuk itu, ulasan berikut akan menampilkan berbagai macam desain, model, beserta beberapa gambar taman minimalis yang mungkin cocok dengan selera Anda.

Macam Desain Taman Minimalis

Berbicara tentang desain taman minimalis, sebenarnya ada begitu banyak desain yang dapat digunakan untuk membuat taman minimalis. Anda pun dapat mengadaptasi atau mengembangkan berbagai desain berikut ini.

Memanfaatkan Lahan Sempit

Taman minimalis

Desain taman minimalis di lahan sempit ini cukup mudah dibuat. Anda hanya perlu mengatur strategi untuk mengolah lahan yang sempit baik itu di depan rumah, di samping rumah bahkan di belakang rumah.

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama pastikan keadaan tanahnya. Jika layak untuk ditanami maka Anda bisa menghias lahan tersebut dengan tanaman yang mudah tumbuh dan cocok ditanam langsung.

Sedangkan jika kondisi tanah kurang gembur dan subur Anda bisa menggemburkan dan menambah tanah kompos di lahan tersebut. Tapi, jika tidak ingin repot cukup menggunakan pot saja.

Penggunaan pot juga tidak harus membeli pot baru, Anda bisa menggunakan berbagai alternatif seperti kaleng bekas, ban mobil bekas, botol bekas atau barang bekas lainnya yang masih dapat digunakan.

Desain taman minimalis semacam ini cukup menarik dan memperindah lingkungan di rumah Anda. Mudah pula pembuatannya.

Taman Mini Di Dekat Jendela

taman minimalis

Jika Anda memiliki rumah dengan bentuk seimbang dan bagian tengahnya lebih maju ke depan dibanding sisi kiri dan kanannya, desain ini mungkin akan cocok. Karena biasanya di sisi kiri dan kanan depan terdapat jendela. Jika bagian depan jendela merupakan lahan kosong, tentu Anda bisa memanfaatkannya untuk dibuat taman minimalis.

Meskipun sempit, Anda tetap dapat memanfaatkannya. Jika merujuk pada gambar di atas, tampak beberapa jenis tanaman di tanam dan dikelilingi oleh tumpukan batu agar tampak rapi. Fungsinya adalah sebagai penopang agar tanaman tidak menyebar. Keberadaan batu-batu tersebut juga menambah keindahan. Anda pundapat berkreasi dengan ide cemerlang Anda.

Taman Kecil di Sudut Halaman

Desain taman minimalis

Meskipun Anda memiliki halaman yang sempit, coba sesekali perhatikan sudut halaman Anda. Di sanalah Anda dapat membuat taman minimalis sederhana dengan memanfaatkan aneka barang dan menyulapnya menjadi taman kecil yang indah.

Beberapa batu dengan ukuran sedang juga dapat dijadikan bahan untuk membatasi lahan agar lebih rapi. Anda dapat memilih jenis tanaman yang awet dan memberikan efek sejuk seperti tanaman dengan daun hijau segar atau tanaman bunga lain yang indah nan cantik.

Taman yang Tersusun Rapi

Melihat salah satu desain pada gambar, mata kita dimanjakan dengan keberadaan beberapa jenis tanaman yang berjajar rapi. Anda pun dapat membuat taman minimalis dengan desain ini. di sekeliling tanaman tidak harus menggunakan semen atau batu bata. Anda juga dapat memanfaatkan ban mobil bekas atau bebatuan yang dibentuk melingkar atau persegi.

Desain ini mungkin membutuhkan lahan yang sedikit lebih luas dibanding desain lain. Namun, jika Anda memiliki lahan yang cukup desain ini tetap dapat digunakan. Dan tidak perlu khawatir, Anda bebas berkreasi dengan taman minimalis Anda. Ukuran tiap persegi atau lingkar batasnya dapat diperkecil sesuai dengan lahan yang Anda miliki.

Taman Bersusun

Untuk desain taman bersusun sebenarnya dapat dimanfaatkan di beberapa tempat seperti sudut halaman dan di sekitar teras. Tampilan desain taman minimalis tersebut memberikan ciri khas dan nilai estetika. Ditambah lagi dengan variasi tanaman yang ada.

Untuk membuatnya Anda bisa mencontoh sepenuhnya seperti pada gambar. Namun, kreasi Anda tentu akan terasa lebih menarik. Untuk desain seperti ini dapat ditanami jenis tanaman bunga warna-warni dengan tinggi sedang agar susunannya tetap terlihat.

Taman dengan Jalan Setapak

taman minimalis

Di antara berbagai macam desain lain, biasanya desain taman minimalis yang satu ini terlihat paling menarik. Dengan memanfaatkan sedikit lahan di samping rumah, Anda bisa melengkapi taman dengan tambahan jalan setapak.

Tidak harus di semen, alternatif lain yang dapat digunakan yakni dengan menambahkan bebatuan kecil dan sedikit pasir. Tentu taman tersebut akan tampak serasi dengan jalan setapak di sepanjang taman.

Taman dengan Kolam Ikan

Desain taman minimalis

Nah, selain memiliki taman minimalis dengan hiasan berbagai macam jenis tanaman, menambahkan kolam ikan kecil di dalamnya akan membuat taman Anda semakin menarik dan terasa lebih lengkap. Biasanya jenis ikan yang dapat dipelihara seperti ikan mas, ikan koi, ikan nila atau jenis ikan lainnya.

Bahkan binatang air lain seperti kura-kura juga dapat Anda pelihara di sana. Namun perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan kolam agar tetap tampak cantik. Anda juga bisa menambahkan bunga teratai. Jika mekar tentu akan tampak sangat indah.

Aneka Model Taman Minimalis

Setelah membahas mengenai desain taman minimalis, kita beralih pada aneka model taman minimalis. Jika dilihat dari segi tempat maka model taman minimalis ada dua yakni di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Berikut kita akan membahas model taman minimalis di dalam dan di luar ruangan.

Taman Dinding

Desain taman minimalis

Model taman minimalis di dalam rumah ini tampak simple dengan tanaman gantung dan beberapa jenis tanaman hijau lain yang diletakkan dalam pot. Jika dilihat dengan seksama, ruang ini adalah ruang bagian belakang ang dapat mengakses sinar matahari dengan pintu dapur yang bisa ditutup.

Model seperti ini cukup menarik dan menyejukkan mata. Karena jika diletakkan di dekat dapur sedemikian rupa aktivitas memasak pun menjadi lebih menyenangkan. Rasa lelah akan tergantikan dengan pemandangan yang meneduhkan.

Taman Bersantai

Desain taman minimalis

Model yang satu ini pun tak kalah menarik, dengan tatanan yang sedemikian rupa dilengkapi dengan meja dan kursi serta pemandangan asri tentunya sangat cocok dijadikan tempat istirahat setelah penat melewati aktivitas sehari-hari. Di ruang tersebut Anda bisa bersantai dan menikmati waktu. Salah satu tempat yang cocok pula untuk menenangkan diri.

Taman Minimalis di Balkon Rumah

Taman minimalis

Suasana balkon rumah adalah salah satu favorit kebanyakan orang untuk bersantai. Nah, jika Anda berada di barisan penyuka balkon untuk bersantai maka tidak ada salahnya memiliki taman minimalis di sana. Bisa dengan menambahkan akuarium ikan berukuran kecil dan menempatkan beberapa tanaman hijau agar tampak semakin indah dan nyaman.

Taman Jalan Setapak

Desain taman minimalis depan rumah

Taman minimalis outdoor sederhana ini tampak hijau dan menyenangkan. Anda pasti akan merasa tenang ketika berada di tempat seperti ini. Terlebih jika Anda merupakan seorang penyuka tanaman, merawatnya pun akan membuat hati senang.

Taman Di Atas Kolam

Desain taman minimalis

Betapa nyamannya duduk di atas kolam taman minimalis dan menikmati gemercik air serta ikan-ikan yang berenang dengan gemulai. Menikmati waktu sore ditemani secangkir teh hangat sungguh membuat diri semakin nyaman berada di rumah terhindar dari hiruk pikuk kesibukan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Referensi Visual Desain Taman Minimalis

Dari berbagai contoh taman minimalis di atas kita sudah melihat berbagai macam variasi taman yang indah dan cantik. Mulai dari taman indoor hingga outdoor serta beberapa desain menarik yang mungkin cocok dengan taman impian Anda. Agar semakin mantap berikut sajian foto taman minimalis yang dapat menambah referensi Anda.

Taman minimalis

Desain taman minimalis

Desain taman minimalis Desain taman minimalis Desain taman minimalis Desain taman minimalis

Tips dan Trik Mengolah Lahan Menjadi Taman Minimalis

Perlu diketahui bahwa pembuatan taman minimalis mungkin tidak mudah selesai dalam satu waktu atau satu hari melainkan membutuhkan tahapan-tahapan yang harus dilengkapi. Maka, sebelum Anda memulai langkah pembuatan taman minimalis, diperlukan beberapa persiapan yang terangkum dalam beberapa tips dan trik berikut ini.

Mencari Referensi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin membuat taman minimalis adalah mencari referensi entah itu dari internet atau berkonsultasi langsung dengan ahli tata tanaman. Hal ini untuk memudahkan Anda menentukan taman seperti apa yang akan dibuat.

Bisa Bercocok Tanam

Langkah kedua yakni memperhatikan kemampuan Anda dalam bercocok tanam. Jika tidak ada masalah, maka lanjutkan pada tahap berikutnya. Namun bila Anda terhambat di bidang ini, setidaknya Anda bisa belajar untuk memahami jenis tanaman dan jenis tanah terlebih dahulu.

Agar kegiatan bercocok tanam menjadi lebih mudah. Adapun kegiatan teknis lainnya masih dapat disesuaikan, namun hal inti seperti bercocok tanam tentu harus didahulukan.

Membuat Perencanaan

Untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya Anda harus memiliki perencanaan yang matang. Dalam hal membuat taman minimalis, Anda perlu mempertimbangkan biaya atau budget yang mungkin dikeluarkan atau jika tidak ingin mengeluarkan budget Anda harus memikirkan alternatif apa yang mungkin dimanfaatkan.

Selain itu Anda mulai menyusun tahap proses pembuatan seperti memilih jenis tanaman, membersihkan lahan, dan mulai melakukan pembuatan taman seperti apa yang direncanakan.

Memilih Jenis Tanaman

Setelah Anda yakin dengan kemampuan bercocok tanam, maka Anda bisa segera memilih tanaman apa saja yang kiranya cocok ditanam pada lahan rumah milik Anda. Tentu saja Anda juga sudah mengecek bagaimana kondisi lahan yang ingin ditanami dan diolah menjadi taman minimalis.

Bersihkan Lahan

Pastikan lahan yang akan dibuat menjadi taman minimalis sudah bersih sebelum ditanami. Singkirkan semua sampah yang ada dan olah lahan mini Anda dan silahkan berkreasi dengan lahan tersebut.

Mulai Bekerja dengan Fokus

Setelah berbagai tahap perencanaan selesai dan telah melewati tahap pembersihan lahan, maka Anda sudah bisa mengerjakan taman minimalis impian. Tidak perlu terburu-buru dan fokuslah pada orientasi Anda hingga selesai.

Leave a Comment