Rumput Taman

Tidak lengkap rasanya jika memiliki penghias halaman tanpa hijaunya rerumputan. Bahkan rumah tanpa taman pun hampir selalu memiliki rumput. Maka, jika Anda memiliki sebuah taman baik di dalam maupun di luar rumah lengkapilah dengan rumput taman.

Ada banyak macam rumput yang bisa digunakan untuk menghiasi taman. Selain untuk membantu menghijaukan halaman, keberadaan rumput yang rapi dan bersih dapat memperindah suasana taman Anda.

Jika masih bingung memilih jenis rumput taman yang cocok bagi lahan tanah di taman Anda ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni kondisi tanah, intensitas cahaya dan kebutuhan asupan airnya.

Namun, jika Anda sudah tidak memiliki lahan tanah untuk ditanami rumput tidak perlu khawatir, masih ada aneka rumput sintetis berbagai model untuk di pasang di taman halaman atau taman dalam rumah.

Nah, sebagai referensi pilihan, kami sajikan berbagai macam jenis rumput taman yang bisa di tanam serta aneka rumput sintetis untuk di pasang sesuai kebutuhan Anda.

Rumput Gajah Mini

rumput taman
Source : Pinterest.com

Jenis rumput ini merupakan rumput yang dapat bertahan meski kekurangan air. Kuat pula terhadap pijakan. Namun, kekurangan dari rumput ini adalah tekstur yang agak kasar dengan bentuk daun melebar dan hanya cocok ditanam di halaman taman yang luas.

Untuk merawatnya, Anda hanya perlu memangkas rumput secara rutin agar tetap hijau dan tampak rapi. Karena rumput ini tak memerlukan perawatan yang terlalu rumit, cukup cocok untuk ditanam di halaman Anda.

Rumput Gajah Varigata

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Masih sejenis dengan rumput sebelumnya, rumput Gajah Varigata ini tampak cukup menarik dengan corak putih panjang yang dimilikinya. Dari gambar di atas memang tampaknya ia berukuran besar, namun sesungguhnya tak jauh berbeda dengan ukuran rumput Gajah Mini.

Hampir sama dengan rumput Gajah Mini, rumput ini tak memerlukan perawatan yang macam-macam serta tahan terhadap berbagai cuaca. Namun harga rumput taman yang satu ini memang cukup mahal.

Rumput Gajah Besar

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Rumput Gajah Besar adalah rumput sejenis dengan kedua rumput sebelumnya. Hanya saja ukurannya lebih besar dan panjang. Dari segi visual memang rumput ini tak terlalu apik. Namun, cukup kuat dan tahan terhadap cuaca dan pijakan.

Perawatannya hanya perlu dipangkas rutin dan merupakan jenis rumput taman yang cocok ditanam di halaman luas. Cara menanamnya juga tidak terlalu sulit.

Rumput Peking

rumput taman
Source : Pinterest.com

Jenis rumput taman yang berbentuk panjang agak meruncing ini sering dijadikan bagian dari penghias taman. Sebagaimana terlihat pada gambar, rumput tampak hijau dan indah. Selain memanjang dan runcing rumput ini juga berdaun kurus.

Namun, rumput ini sebaiknya tidak dipijak karena cukup rawan rusak. Peking juga harus rutin dipangkas agar dapat tumbuh dengan baik karena membutuhkan asupan matahari yang cukup.

Rumput Swiss

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Untuk jenis rumput yang ini, ia tumbuh dengan daun yang halus dan rapih. Dilihat dari kejauhan rumput Swiss tampak rimbun dan hijau. Sangat cocok untuk ditanam di taman rumah Anda.

Namun, selain mahal dari segi harga perawatan rumput ini juga membutuhkan keuletan. Rumput Swiss harus dipangkas secara rutin serta dijaga kelembabannya. Tak hanya itu juga harus senantiasa diberi urea agar tidak tumbuh rumput liar yang mengganggu.

Baca Juga : Desain Taman Minimalis

Rumput Manila

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Rumput Manila sering ditanam di lapangan sepakbola. Dengan kualitas yang tinggi, rumput ini tahan terhadap pijakan dan cuaca. Dengan catatan harus mendapatkan perawatan yang rutin dan telaten. Cara menanam rumput taman ini cukup mudah.

Sedangkan perawatan kesehariannya perlu melewati tahap pemangkasan dan penyiraman serta mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup. Rumput ini cukup mudah tumbuh, di lahan berpasir sekalipun. Karena itu sangat cocok menjadi rumput taman Anda.

Rumput Jepang

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Rumput Jepang memang banyak digunakan sebagai rumput taman. Jenis rumput ini sangat cantik untuk menghias taman kecil Anda di rumah. Bentuk daunnya tipis dan agak memanjang dan cukup halus.

Kadang rumput ini dijuluki sebagai rumput jarum karena bentuknya. Sebaiknya rumput ini ditanam di tempat yang jarang dipijak agar tetap nampak cantik di sekitar taman. Alternatif yang bisa dipakai yakni dengan membuat jalan setapak seperti pada gambar.

Sebagai tambahan referensi rumput taman, berikut ada beberapa gambar tambahan beberapa jenis rumput di taman yang indah.

Jenis taman minimalis
Source : Pinterest.com

Rumput Gajah ini tampak hijau di halaman taman.  Jika dirawat dengan baik maka akan mendapatkan hasil rumput yang sedemikian rupa. Pertumbuhannya mudah dan mampu menyebar rata.

Jenis rumput taman
Source : Pinterest.com

Taman kolam kecil ini juga dihiasi dengan rumput hijau yang menyejukkan mata. Di sekitarannya ditambahkan beberapa pijakan batu agar rumput tetap terjaga.

Jenis Rumput taman
Source : Pinterest.com

Pada pekarangan kecil ini juga dilengkapi dengan rumput taman yang hijau dan rapat. Tampak rapi dan teratur bukan?

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Hamparan rumput hijau ini memang cocok bagi wilayah pekarangan yang luas. Selain membantu menyerap air, faktor keindahan dapat dipertimbangkan dengan sedikit perawatan.

Meski membutuhkan beberapa perawatan sederhana seperti pemangkasan dan penyiraman, namun bagi Anda yang senang bercocok tanam dan merawat tanaman hal itu pasti akan terasa menyenangkan dan bahkan menjadi hiburan tersendiri.

rumput taman
Source : Pinterest.com

Jika lingkungan taman Anda penuh dengan warna-warni bunga, sangat tepat melengkapi lahan sekitarnya dengan menanami rumput taman sesuai dengan selera Anda. Meskipun lahannya kecil dan sempit, penanaman tetap bisa dilakukan.

Jenis rumput taman
Source : Pinterest.com

Bisakah Anda membayangkan suasana piknik di halaman rumah sendiri dengan menggelar karpet di atas rerumputan hijau sembari menikmati suasana taman. Tentu sangat indah bukan. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk perkumpulan keluarga.

Rumput taman
Source : Pinterest.com

Memanfaatkan sudut halaman bisa menjadi alternatif untuk lokasi penanaman rumput. Jenis rumput taman seperti rumput Jepang atau rumput Swiss sangat baik menjadi pilihan. Namun, jika ingin rumput dengan harga yang lebih terjangkau, bisa memilih rumput Gajah mini saja.

Nah, sudah puas menikmati pemandangan rumput hijau? Sekarang kita beralih pada taman dengan rumput sintetis atau rumput buatan yang kini marak digunakan oleh sebagian orang.

Untuk rumput sintetis setidaknya ada tiga jenis bahan yang sering digunakan. Di antaranya yaitu :

Polypropylene

Harga rumput berbahan Polypropylene cenderung terjangkau. Sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghias taman dengan tambahan rumput sintetis hijau segar. Meski berharga terjangkau, ada kekurangan utama dari rumput ini.

Kekurangan itu di antaranya kurang tahan terhadap kerusakan. Namun, rumput ini juga sering digunakan untuk lapangan golf dalam rumah karena sifat rumput buatan yang lentur dan ringan.

Untuk digunakan sebatas dekorasi di bagian lantai maupun dinding rumput berbahan Polypropylene juga sangat cocok. Bagi Anda yang ingin menghijaukan suasana dengan rumput sintetis yang low cost, jenis rumput dengan bahan ini cukup dianjurkan.

Polyethylene

Bagaimana rumput sintetis di atas menurut Anda? Tampak alami bukan?

Ya, rumput sintetis berbahan Polyethylene ini memang mengunggulkan kesan alami rumput buatan. Sehingga sangat cocok menjadi dekorasi taman mini di dalam rumah, maupun taman di halaman sekitar Anda.

Struktur rumput yang lembut dan rapat adalah hasil kombinasi dari bahan Nilon dan Polyethylene. Hasilnya menciptakan rumput buatan yang tampak segar, alami dan natural.

Untuk harga rumput sintetis yang satu ini tergolong harga yang sedang, karena kualitasnya pun cukup bagus akan memberikan kesan hijau yang indah pada taman milik Anda.

Nilon

Rumput berbahan Nilon adalah rumput sintetis yang berkualitas. Harganya juga cukup mahal. Namun sebanding dengan kualitas tekstur dan bentuknya yang halus serta apik. Jika disentuh pun hampir mirip dengan rumput asli.

Tak kalah menarik, warna rumput sintetis berbahan Nilon ini juga hijau segar alami. Selain itu, tingkat ketahanannya terhadap kerusakan pun cukup tinggi sehingga awet saat digunakan.

Rumput ini cocok digunakan untuk sebuah playground dalam rumah dan sebagai dekorasi pelengkap khususnya untuk taman minimalis indoor.

Setelah mengetahui jenis bahan rumput sintetis. Sedikitnya kita akan membahas mengenai keuntungan menggunakan rumput sintetis di antaranya :

Hemat Air

Menggunakan rumput sintetis akan membantu penghematan air. Maka bagi Anda yang ingin memiliki rumah berdekorasi hijau nan alami namun memiliki suplai air yang terbatas, rumput sintetis bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Hemat Biaya

Selain menghemat air, Anda juga menghemat biaya. Karena rumput asli yang bagus membutuhkan perawatan jangka panjang dan dilakukan secara rutin. Sehingga tentunya akan memakan biaya.

Namun, rumput sintetis bisa menjadi alternatif untuk menggantikannya. Karena rumput berharga terjangkau pun bisa Anda dapatkan.

Mudah Ditempatkan

Untuk taman indoor, rumput sintetis sangat fleksibel dalam penempatannya. Anda bisa menyesuaikan rumput sintetis dengan ukuran lantai di taman dalam rumah. Dengan menggunakan rumput sintetis Anda tak perlu memikirkan perawatan yang rumit.

Perawatan Simple

Rumput sintetis cocok digunakan oleh warga perkotaan dengan kesibukan tinggi. Sehingga tak sempat merawat rumput taman di rumah. Selain awet, rumput sintetis tidak memerlukan perawatan rumit.

Rumput ini hanya perlu dibersihkan dalam kisaran waktu seminggu sekali atau tergantung tingkat kekotorannya. Namun, rumput sintetis tidak begitu mudah kotor serta rusak. Anda pun bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika tak sempat merawat rumput.

Aman

Rumput sintetis juga aman digunakan di dalam rumah. Tak mudah kotor, tidak dihinggapi serangga atau binatang, mudah pula perawatannya. Selain itu, teksturnya yang lentur dan lembut membuatnya cocok dijadikan karpet taman rumah.

Tak hanya sebagai karpet, sebagai dekorasi dinding pun tak kalah cantiknya. Anda bisa mendapatkan ruangan hijau tanpa perlu menanami rumput asli namun tetap dalam tampilan yang alami dan natural.

Jika Anda berminat untuk membelinya, saat ini ada berbagai macam cara yang dapat digunakan. Bisa dengan mendatangi toko dekorasi taman atau membelinya secara online dengan menelusuri kata kunci jual rumput taman sintetis.

Sedikitnya ada lima hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumput sintetis di antaranya mengenai ukuran rumput sintetis, waktu pembelian (sekali waktu), mempersiapkan saluran air agar rumput tidak rusak, dan memilih rumput dengan kualitas yang bagus.

Tips tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar Anda bisa memperoleh kepuasan penuh setelah membelinya. Itulah tadi pembahasan mengenai aneka rumput taman. Mulai dari jenis-jenis rumput dan tipe rumput sintetis hingga keuntungan dan tips membeli rumput sintetis. Semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasi Anda!

Leave a Comment