Desain Taman dalam Rumah

Pernahkah Anda berpikir untuk memiliki sebuah taman kecil yang asri di dalam rumah? Dengan segala kebosanan yang mungkin sering Anda rasakan, desain taman dalam rumah sederhana dapat menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

Mungkin hal tersebut terasa mustahil, namun Anda bisa memanfaatkan ide-ide kreatif. Singkirkan segenap rasa suntuk dan mulailah berpikir akan taman indah yang akan menyambut Anda setiap kali pulang kerja atau menyandarkan penat usai beraktivitas.

Misalnya seperti gambar taman minimalis dalam rumah di atas, tampak sangat nyaman bukan? Bayangkan Anda duduk di kursi tersebut, menikmati secangkir kopi atau teh di pagi hari sebelum berangkat bekerja dan beraktivitas, begitupun sepulangnya.

Terkadang, terlalu sibuk membuat kita lupa dengan ketenangan jiwa. Sehingga muncul rasa kurang nyaman di rumah sendiri. Karena itu, setidak-tidaknya luangkanlah sedikit waktu untuk menciptakan kenyamanan di rumah Anda seperti membuat taman kecil.

Coba kembangkan imajinasi Anda jika masih belum memiliki ide mengenai desain taman minimalis dalam rumah yang diinginkan. Namun, sembari mengembangkan ide tentunya dalam ulasan kali ini akan disajikan sedikitnya lima referensi desain untuk melengkapi keindahan rumah Anda.

Taman Hijau yang Segar

Taman dalam rumah

Negara kita dikenal dengan negara tropis dan desain pertama ini cocok kita sebut sebagai salah satu desain taman minimalis dalam rumah tropis. Jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman hijau segar yang meneduhkan mata.

Meski terletak di dalam rumah, untuk mendukung pertumbuhan tanaman, desain di ruang tersebut harus mudah terakses dengan sinar matahari yakni dengan atap transparan. Selain itu fungsi atap yang transparan ialah agar ruang tersebut terang di waktu siang.

Sedangkan untuk bagian interior lainnya tidak terlalu sulit atau rumit. Cukup dengan menyajikan dinding agak tinggi  yang berwarna kontras dengan tanaman. Sangat tepat pula jika dilengkapi dengan dudukan rendah seperti pada gambar di atas.

Desain taman dalam rumah ini menampilkan jalan setapak dan tempat duduk sebagai pusat ruangan. Dikelilingi tanaman hijau dan menempatkan satu pohon di dekatnya menjadi salah satu pilihan tata ruang yang apik.

Sementara itu, di sekitar tanaman ditutupi dengan batuan halus berwarna hitam agar tampak lebih rapi dan sewarna. Penataan tanaman yang simetris juga membuat taman menjadi lebih teratur. Dengan tatanan yang sedemikian rupa proses perawatan lebih mudah dilakukan.

Namun, perawatan tak cukup hanya mencakup memastikan asupan sinar matahari pada taman dalam ruangan tertutup ini. Rutinitas penyiraman juga memengaruhi kualitas tanaman. Agar tanaman tetap hijau dan asri, siramlah tanaman secara rutin pagi dan sore.

Taman Keluarga

Desain taman dalam rumah

Beralih ke desain kedua yakni taman yang cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul keluarga kecil Anda. Dari gambaran di atas, Anda bebas mengembangkan ide dan berkreasi sesuai selera.

Jika dilihat dengan seksama taman ini merupakan salah satu desain taman kering dalam rumah. Dari segi ruang juga tidak terlalu luas dan terbilang sedang untuk menjadi ruang bermain atau ruang berkumpul bagi keluarga kecil.

Menambahkan kursi ayun yang nyaman dan melengkapi taman dengan bantal bersantai adalah pilihan yang tepat. Bahkan sepertinya taman kecil ini cukup enak digunakan sebagai tempat tidur siang dengan kursi yang lebih panjang jika memungkinkan.

Dari tampilan tersebut, model taman dalam rumah ini memang didesain rapi dan menggunakan beberapa interior pelengkap seperti pagar buatan, rak tanaman, karpet rumput, bantal santai dan beberapa pelengkap lainnya.

Jika Anda hendak membuatnya di dalam ruangan yang benar-benar tertutup maka agar akses matahari tetap sampai pada tanaman Anda bisa mengakali taman dengan mengganti beberapa bagian atap sebelumnya menjadi atap yang transparan.

Seperti pada desain taman dalam rumah tersebut karpet rumput menjadi alternatif yang mudah diterapkan ke lantai. Namun, bagian tersebut juga dapat diganti dengan pijakan dari batuan peble berwarna hitam, putih, coklat atau variasi dari ketiganya.

Baca juga : Desain Taman Minimalis

Taman Berkolam

Taman dalam rumah

Jauh sebelum muncul desain ini, kita sering melihat rumah dengan akuarium ikan hias yang diletakkan di dalam rumah. Kali ini, kolam ikan pun bisa dibuat di dalam rumah dan tinggal dekat dengan pemiliknya.

Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para penyuka ikan. Tidak ada salahnya memasukkan desain ini ke dalam hunian Anda. Dengan mengadaptasi rancangan taman dalam rumah minimalis modern di atas Anda akan semakin betah berinteraksi dengan ikan peliharaan.

Tak hanya itu, hijaunya tanaman di sekeliling kolam juga akan menambah suasana sejuk dan akan lebih terasa lagi jika dibuat air mancur pula pada kolam taman. Pijakan tangga rendah dari semen dan jembatan panjang di kedua sisi kolam menambah nilai estetika taman.

Untuk mendapatkan cahaya, pada  sisi luar digunakan kaca bening dengan pagar stainless berbentuk jaring. Sedangkan pada kolam, beberapa jenis ikan yang aman dan paling sering dipelihara di antaranya ikan mas, ikan mujair, ikan hias koi, atau ikan nila dan lain-lain.

Pada desain taman dalam rumah yang satu ini, aksen natural sebenarnya bisa ditambahkan baik pada bagian dinding dan atap dengan menambahkan lukisan alam atau taman dinding maupun taman atap yang teduh.

Untuk membuat taman berkolam ini membutuhkan perencanaan biaya yang matang. Di antaranya digunakan untuk biaya alat dan bahan pembuatan, membeli ikan beserta makanan dan tanaman berikut pot dengan segenap perlengkapan interior yang akan terapkan.

Taman Dinding

Taman dalam rumah

Semakin kesini, desain-desain yang dibahas semakin variatif. Salah satunya desain taman dinding dalam rumah ini. Memiliki taman idaman dalam rumah menjadi semakin mungkin bagi Anda karena dinding pun bisa dimanfaatkan.

Lihatlah pada contoh desain di atas, ruang sempit di belakang rumah pun dapat digunakan sebagai media taman kecil yang indah. Model penanamannya bisa menggunakan pot tempel atau pot gantung.

Jika dilihat, terdapat beberapa pot kecil yang pipih di salah satu sisinya agar dapat melekat sempurna pada dinding. Interior bagi desain taman dalam rumah seperti lampu taman pun dapat menjadi salah satu alternatif penambah keindahan taman.

Nuansa hijau pada sisi dinding yang lain membuat taman semakin asri. Taburan rapi bebatuan peble berwarna putih yang mengelilingi taman berfungsi untuk menambahkan kesan natural di dalamnya.

Dengan desain taman dalam rumah yang memanfaatkan dinding, bagian belakang hunian Anda bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Terlebih jika rumah Anda memiliki celah ruang antara pintu dan dinding belakang rumah.

Bahkan tak hanya bagian belakang saja, semua sisi rumah yang memungkinkan juga dapat digunakan untuk mewujudkan desain taman dalam rumah tipe ini. Bisa di bagian depan, samping atau di bagian tengah, di ruang keluarga misalnya.

Taman Ruang Sempit

Taman dalam rumah

Beberapa bagian rumah Anda mungkin tampak sempit dan tak dapat digunakan. Kadang hanya difungsikan sebagai gudang untuk meletakkan benda-benda tidak terpakai. Bahkan sebagian orang justru tidak memanfaatkannya untuk apapun.

Hal itu tentu sangat disayangkan. Ruang itu seharusnya tetap dapat dimanfaatkan. Jika masih belum memiliki ide, mengapa tidak dibuat taman kecil saja? Seperti gambar taman dalam rumah di atas misalnya.

Meski hanya berukuran sekitar satu meter pun tetap dapat dimanfaatkan, karena ruang dengan luas sedemikian rupa sudah cukup untuk diletakkan dua hingga tiga pot tanaman berukuran sedang.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan taman dinding untuk menyejukkan suasana. Interior lain seperti lampu juga dapat ditambahkan. Begitupun dengan pijakan yang dibentuk melingkar dengan menggunakan bebatuan berwarna coklat dan hitam.

Di sekeliling pijakan terdapat bebatuan krem yang membuatnya tampak seperti taman di luar rumah. Sementara pada bagian ujung ruang kecil tersebut dialasi dengan lantai keramik abu untuk meletakkan beberapa pot tanaman.

Contoh sederhana tampak pada desain taman dalam rumah di atas, selain dimanfaatkan sebagai tempat gantungan yang dapat dilipat pada dinding, di atas bebatuan juga dapat diletakkan pot-pot tanaman hijau untuk memperindah.

Taman Santai

Desain taman dalam rumah

Jika dilihat sekilas, desain taman dalam rumah tersebut memang tampak seperti di dalam rumah meski sebenarnya taman itu terdapat di bagian teras rumah. Namun, desainnya dapat diadaptasi dan diciptakan di dalam rumah.

Tampilan taman tampak rapi dan lega dengan tempat duduk panjang pada dua sisi dinding dan dikelilingi dengan tanaman hijau. Pada bagian lantai, dipilih keramik abu polos tanpa corak yang tampak mengkilap.

Sementara dekorasi di sekelilingnya bisa dikreasikan dengan memoles dinding atau menambahkan beberapa interior lain. Agar lebih nyaman ketika digunakan saat malam hari penambahan lampu sangat mendukung keindahannya.

Desain taman dalam rumah ini sangat dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jika menyukai suasana yang lembut dan kalem Anda bisa memilih warna-warna klasik atau warna-warna dasar. Salah satu perpaduan taman cocok di antaranya coklat, putih, hijau dan hitam.

Jumlah tanaman pada taman pun tak perlu terlalu banyak. Cukup untuk mengelilingi petak kecil di ruang tersebut. Dan jangan sampai melupakan kecukupan suplai sinar matahari terhadap tanaman dengan mengganti beberapa atap rumah menjadi atap transparan.

Bagi Anda yang senang bersantai sambil menikmati pemandangan sejuk tapi sudah cukup lelah untuk pergi ke luar, inspirasi taman minimalis dalam rumah ini akan memudahkan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hiburan di sela waktu istirahat.

Ruang Taman

Taman dalam rumah

Berbeda dengan desain taman dalam rumah lainnya, rancangan taman ini memang membutuhkan ruang yang lebih luas dan khusus. Jadi jika Anda memiliki satu ruang yang cukup luas dan tidak tahu harus diapakan, membuatnya menjadi ruang taman adalah ide cemerlang.

Setelah menemukan ide tersebut, salah satu hal yang harus dirubah adalah bagian atap rumah yakni diganti dengan atap transparan. Sedangkan pada bagian lain ialah pada lantai rumah jika ingin dimodifikasi untuk menjadi taman bersusun, tangga atau tempat duduk.

Pada ruang tersebut dapat ditambahkan atap taman dalam rumah yang ditanami tanaman rambat. Di ruang yang sama Anda bisa menempatkan berbagai jenis tanaman menggunakan pot. Alternatif lain bisa dengan membuat tempat tanam dengan bahan semen.

Pintu kaca yang lebar membuat ruang terasa lebih lega. Semakin ke dalam, dinding coklat khas warna kayu alami menghias ruang dan memunculkan sisi naturalnya. Ditambah lagi dengan variasi tanaman dengan tempat media tanam berdesain menarik.

Bentuk pot buatan tersebut bebas dikreasikan bisa bersusun, berbentuk persegi panjang atau lingkaran. Semakin banyak variasi semakin indah pula ruang taman yang Anda miliki. Tambahkanlah beberapa kursi dan meja untuk bersantai.

Bahan semen pun dapat dibuat menjadi kursi dan meja sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi membelinya. Alternatif lain yang dianjurkan adalah dengan menggunakan potongan batang kayu yang berukuran cukup besar dan tambahkan sedikit polesan cat natural.

Maka, itulah tadi tujuh desain taman dalam rumah yang bisa dikreasikan untuk mengembangkan ide. Eksplorasi ruang-ruang di rumah Anda dan ciptakan keindahan di dalamnya.

Leave a Comment